Toyota GR Yaris Siap Meluncur di Thailand, Harga Rp 1,2 Miliar

Kompas.com - 02/12/2020, 08:22 WIB
Tampilan eksterior Toyota GR Yaris paultan.orgTampilan eksterior Toyota GR Yaris

JAKARTA, KOMPAS.com – Lewat ajang Thailand International Motor Expo yang berlangsung 1-13 Desember 2020, Toyota menampilkan GR Yaris. Tak sekadar diperlihatkan, hatchback berperforma ini juga siap dipasarkan pada 2021.

Dilansir dari Headlightmag, harga GR Yaris menyentuh 2,7 juta baht atau setara Rp 1,2 miliar. Konsumen yang tertarik harus cepat-cepat memesan mobil ini, karena Toyota hanya memberi jatah terbatas, 70 unit.

Di Thailand, GR Yaris ditawarkan dalam tiga pilihan warna yang cukup menarik perhatian. Ada Super White II, Emotional Red II, dan Precious Black.

Baca juga: Viral Video Yaris Tabrak Motor, Ini Alasan Jangan Menyalip di Tikungan

Ilustrasi mesin Toyota GR Yarisheadlightmag.com Ilustrasi mesin Toyota GR Yaris

Selain warna yang mencolok, daya tarik GR Yaris tentu saja ada pada jantung pacunya. Di balik kap mesin, mobil ini mengusung mesin bensin 3-silinder 1.600 cc turbocharged.

Mesin ini menghasilkan tenaga 261 ps atau setara 259 tk dan torsi 360 Nm. Tenaga tersebut disalurkan ke empat roda berteknologi GR-Four AWD melalui pilihan transmisi manual 6-percepatan iMT (Intelligent Manual Transmission).

Berbeda dengan Yaris untuk pasar Eropa maupun Jepang, GR Yaris memiliki dimensi yang lebih lebar 60 mm (1.805 mm) dan lebih rendah 45 mm (1.455 mm). Sementara atap juga lebih pendek 95 mm dari model standar.

Baca juga: Bocoran Toyota Sienta Baru, Kabin Lebih Luas dan Mesin Hybrid

 

Tampilan dasbor Toyota GR Yarisheadlightmag.com Tampilan dasbor Toyota GR Yaris

Sedangkan panjang keseluruhan GR Yaris yang memiliki tiga pintu mencapai 3.995 mm atau lebih panjang 55 mm dari Yaris model biasa.

Untuk mendukung performanya di dalam lintasan, Toyota melakukan diet ketat untuk GR Yaris.

Penggunaan beberapa komponen alumunium, berbagai panel bodi dengan bahan polimer, serta atap dari serat karbon, efektik membuatnya lebih lincah.

Baca juga: Karoseri Laksana Luncurkan Prototipe Bus Bio Smart Milik PO Sumber Alam

Tampilan eksterior Toyota GR Yarispaultan.org Tampilan eksterior Toyota GR Yaris

Perbedaan selanjutnya datang dari sektor kaki-kaki, di aman GR Yaris mengusung suspensi belakang double wishbone, bukan torsion beam seperti pada model reguler.

Toyota mengklaim akselerasi GR Yaris dari diam hingga 100 kpj berkisar 5,5 detik. Sementara untuk kecepatan maksimal dipatok sampai 230 kpj.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X