Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

PO ANS Rilis Lagi Bus dengan Sasis Baru plus Spion Elektrik

JAKARTA, KOMPAS.com – Pada hari Selasa (1/12/2020) Perusahaan Otobus (PO) Anas Nasional Sejahtera (ANS) kembali merilis bus baru kreasi karoseri Morodadi Prima di Malang, Jawa Timur.

Bus yang dirilis kali ini menggunakan bodi yang sama seperti sebelumnya, yaitu New Patriot. Uniknya, bus dengan bodi New Patriot ini menggunakan spion yang bisa dilipat ke bagian dalam secara otomatis, layaknya mobil kecil.

Marketing karoseri Morodadi Prima Donny Cahyadi mengatakan, perbedaan utama dengan bus yang meluncur sebelumnya pada Mei, adalah sasis yang digunakan.

“Yang baru rilis ini memakai sasis Mercedes Benz OH 1626, sedangkan yang sebelumnya memakai OH 1526,” ucap Donny kepada Kompas.com, Selasa (1/12/2020).

Perbedaan dari kedua sasis ini yaitu ada di jenis sasis yang digunakan. Jika OH 1526 masih menggunakan ladder frame, sedangkan OH 1626 memakai modular, sehingga ada space frame untuk membuat bagasinya tembus.

Kemudian untuk suspensi yang digunakan juga berbeda. Sasis OH 1526 masih menggunakan per daun, sedangkan OH 1626 yang kali ini dirilis sudah memakai suspensi udara atau air suspension.

“Fasilitasnya di bus terbaru PO ANS ini memakai AC Denso, Audio Video lengkap, dua TV LED, toilet dan 32 seat dengan leg rest dengan susunan 2-2. Setiap kursinya juga ada colokan charger USB,” kata Donny.

Selain itu, ada juga smoking area di kabin depan atau area pengemudi dan kru. Jadi ada sekat antara kabin pengemudi dan penumpang. Kursi yang digunakan juga spesial buatan Hai Rimba Kencana dengan kombinasi bahan fabric dan kulit.

“Selain itu sudah dipasang GPS dan CCTV sebanyak delapan unit di bus ini. Hari ini baru rilis satu unit dari delapan yang dibuat” ucapnya.

Untuk sisi eksterior, tidak jauh berbeda dari rilisan sebelumnya. Warnanya didominasi warna biru dan biru muda. Model dari New Patriot ini juga unik, bagian headlamp terpisah dengan lampu sein, sehingga membuat efek seperti alis.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/12/02/080200315/po-ans-rilis-lagi-bus-dengan-sasis-baru-plus-spion-elektrik

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke