Marak Balap Liar, Polda Metro Jaya Perketat Pengawasan di 3 Lokasi Ini

Kompas.com - 01/12/2020, 17:41 WIB
Foto: Tangkapan layar dari sebuah video yang diabadikan warga dari lokasi balap liar di Jalan Merdeka, Kelurahan Proklamasi, Kecamatan Siantar Barat, Kota Pematangsiantar, Sabtu (18/7/2020) sekitar Pukul 13.00 WIB. KOMPAS.COM/Teguh PribadiFoto: Tangkapan layar dari sebuah video yang diabadikan warga dari lokasi balap liar di Jalan Merdeka, Kelurahan Proklamasi, Kecamatan Siantar Barat, Kota Pematangsiantar, Sabtu (18/7/2020) sekitar Pukul 13.00 WIB.
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya mengatakan bahwa akan memperketat pengawasan khusus di tiga titik lokasi Ibu Kota yang disinyalir menjadi lokasi balap liar.

Kasat Patwal Ditlantas Polda Metro Jaya Kompol Argo Wiyono menjelaskan, langkah ini diambil usai pihaknya menerima laporan adanya aksi serupa di masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi.

Ketiga titik dimaksud antara lain Jalan Asia Afrika, Antasari, dan jalan depan TVRI dengan wilayah teramai ialah sekitar Senayan.

Baca juga: 13 Panduan Tata Cara Berkendara Motor Secara Berkelompok dari IMI

Polisi mengamankan tujuh remaja yang melakukan aksi balap liar di Kembangan, pada Kamis (12/11/2020) dini hari.Dokumentasi Humas Polres Jakarta Barat Polisi mengamankan tujuh remaja yang melakukan aksi balap liar di Kembangan, pada Kamis (12/11/2020) dini hari.

"Beredar broadcast yang meresahkan tentang balap liar. Aksi ini selain membuat kerumunan yang berpotensi jadi penyebaran Covid-19 juga mengganggu pengguna jalan," kata Argo, Senin (30/11/2020).

Argo menegaskan, polisi akan mengantisipasi aksi balap liar dengan melakukan patroli bersama TNI dan Satpol PP setiap malam. Dengan begitu, ia berharap masyarakat bisa aman, tidak lagi diresahkan aksi balap liar.

Pada kesempatan sama ia menambahkan, pada akhir pekan malam kemarin pihaknya sudah meninjau ketiga titik tersebut untuk mengantisipasi balap liar.

Baca juga: Keluhan Pedagang Mobil Bekas Jelang Akhir Tahun

Hasilnya, ditemukan beberapa muda mudi yang hendak melakukan aksi balap liar.

"Kemarin malam kita lakukan pengecekan dari pukul 00.00 sampai 05.00 WIB. Tidak ada pelaku balap liar yang kita amankan karena kita sifatnya giat preventif bukan represif," ujar Argo.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X