Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

13 Panduan Tata Cara Berkendara Motor Secara Berkelompok dari IMI

Kompas.com - 01/12/2020, 16:01 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ikatan Motor Indonesia (IMI) secara resmi telah meluncurkan buku Panduan Tata Cara Berkendara Sepeda Motor Berkelompok untuk meningkatkan keselamatan di jalan raya.

Dibuat dalam bentuk buku dan video, induk organisasi otomotif di Indonesia tersebut berharap standarisasi yang dibuatnya mampu menciptakan keamanan dan kenyamanan peserta touring maupun pengguna jalan lain.

Pasalnya, touring merupakan kegiatan yang menyenangkan bagi pecinta motor. Jadi, jangan sampai merugikan pengguna jalan lain mengingat setiap warga memiliki hak sama untuk akses jalan.

Baca juga: Begini Cara Pasang Boks Motor yang Benar

Peresmian Buku Panduan Tata Cara Berkendara Sepeda Motor Berkelompok oleh IMIKOMPAS.com/Ruly Peresmian Buku Panduan Tata Cara Berkendara Sepeda Motor Berkelompok oleh IMI

“Tujuan pembuatan standardisasi ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan khususnya komunitas atau klub sepeda motor, dan pengguna jalan raya umumnya,” kata Sadikin Aksa selaku Pelindung Tim Mobilitas IMI dalam keterangannya, Selasa (1/12/2020).

Akses panduan ini bisa diakses secara umum pada kanal Youtube dan situs resmi IMI. Secara umum, berikut hal-hal penting yang patut diperhatikan saat berkendara secara berkelompok:

1. Pengarahan (Briefing)

Berkendara secara berkelompok wajib diawali dengan pengarahan yang dipimpin oleh pimpinan rombongan dan diikuti seluruh peserta serta tim pendukung.

Pada sesi ini, hal-hal yang dilaksanakan ialah absensi atau pendataan peserta turing, pengarahan aturan aturan emas yang meliputi tentang jaga jarak aman, dilarang menyalip dari kiri, dilarang menyusul pimpinan rombongan, penentuan waktu perbaikan kendaraan, istirahat setiap 2 jam, tidak mengatur lalu lintas, tidak makan saat berkendara, serta tidak menggunakan strobo dan sirine.

Kemudian dilanjutkan untuk pengarahan rute dan kondisi jalan beserta perkiraan cuaca, evaluasi baik dari kegiataan sebelumnya maupun terkini, formasi dan urutan peserta yang aman, pengenalan seluruh pengurus dan fungsinya, serta berdoa bersama.

Baca juga: Duplikasi Kunci Immobilizer Tidak Bisa Sembarangan, Ada Syaratnya

Kode dasar saat touring menggunakan motor bersama rombonganIstimewa Kode dasar saat touring menggunakan motor bersama rombongan

2. Pengarahan Isyarat Tangan

Wajib memahami soal berkomunikasi menggunakan isyarat tangan baik secara internal kelompok maupun eksternal, ke pengguna jalan lain menggunakan tangan kiri.

Adapun isyarat tangan meliputi penandaan kontur jalan yang berisiko, berhenti untuk istirahat, menaikkan kecepatan, turunkan kecepatan, bentuk satu baris, berhenti, dan lain-lain.

3. Perlengkapan Keselamatan Berkendara

Seluruh peserta wajib mengenakan, helm pribadi bersertifikasi SNI, jaket iklim tropis yang lengkap dengan pelindung, sarung tangan dengan pelindung, celana panjang pelindung, dan sepatu yang menutupi mata kaki.

4. Menjalankan Rombongan

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com