Jual Mobil Bekas Mudah di Tengah Pandemi, Manfaatkan Layanan Digital

Kompas.com - 01/12/2020, 16:51 WIB
Ilustrasi mobil bekas (Dok. Shutterstock) Ilustrasi mobil bekas (Dok. Shutterstock)

JAKARTA, KOMPAS.com - Memasarkan dan menjual mobil bekas di tengah pandemi virus corona alias Covid-19 seperti saat ini bukanlah perkara mudah. Sebab, daya beli masyarakat masih melemah seiring peralihan preferensi belanjanya.

Namun seiring dengan hal tersebut, kini hadir beragam layanan di pasaran yang memudahkan pemilik mobil bekas untuk bisa menemukan pembeli secara mudah.

"Situasi pandemi yang belum reda tentu tidak mudah untuk dihadapi. Sebagian masyarakat kehilangan pekerjaan, penghasilan berkurang, bahkan ada pula yang ekonominya terpuruk sehingga dengan terpaksa menjual aset pribadi seperti mobil," kata COO PT Mitra Pinasthika Mustika Ivan Hindarko dalam keterangannya, Selasa (1/12/2020).

Baca juga: 13 Panduan Tata Cara Berkendara Motor Secara Berkelompok dari IMI

Mobil bekas di WTC Mangga DuaKOMPAS.com/Aprida Mega Nanda Mobil bekas di WTC Mangga Dua

"Tapi pasar yang masih lemah jadi tantangan tersendiri. Oleh karena itu kami menghadirkan program platform online diler mobil," lanjut dia.

Menariknya, program publikasi gratis itu bisa dilakukan secara mudah yakni memanfaatkan media sosial. Pemilik cukup mengirimkan pesan langsung (direct message) ke Instagram @bidbox.id.

Kemudian, lengkapi administrasi dengan mengirimkan foto STNK, foto selfie dengan menunjukkan KTP, dan dokumen lainnya yang dirasa perlu. Proses transaksi ditanggung oleh penjual dan pembeli masing-masing.

"Proses dealing dan transaksi dapat dilakukan langsung antara penjual dan pembeli tanpa melibatkan kami. Ini hanya berlaku sampai 31 Desember 2020," ujar Ivan.

Cara lainnya, sebagaimana dikatakan Joni Gunawan selaku pebisnis mobil bekas di WTC Mangga Dua ialah mencari rekanan yang punya layanan sesuai.

Baca juga: Hindari Kebakaran di SPBU, Selalu Perhatikan Hal Ini Saat Isi BBM

Mobil bekas di WTC Mangga DuaKOMPAS.com/Aprida Mega Nanda Mobil bekas di WTC Mangga Dua

"Kalau di kami, konsumen bisa menitipkan mobil yang ingin dijual melalui sistem kontrak selama 45 hari dengan biaya sekitar Rp 1 juta. Nanti mobil bekas konsumen kita perbaiki dari eksterior maupun interior, serta diiklankan secara online," ujarnya kepada Kompas.com.

Bila konsumen membutuhkan dana cepat, bisa langsung mengambil 50 persennya di awal. Sisanya akan diberikan setelah mobil terjual dengan dipotong biaya lain.

Kendati demikian, Joni menambahkan tidak semua mobil bekas bakal ditampung di showroom Lapak Mobil yang berada di lantai 10 WTC Mangga Dua ini.

“Melainkan yang lansiran 2010 ke atas dengan salah satu kriteria unit yang umum dicari oleh konsumen seperti MPV dan SUV. Selain itu, kita juga tidak menerima mobil bekas banjir dan bekas tabrakan,” ucapnya.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X