Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Performa Nissan Serena C27, Konsumsi BBM Tembus 16,1 Kpl

JAKARTA, KOMPAS.com – Selain unggul dari sisi kepraktisan, mesin Nissan Serena C27 ternyata cukup mumpuni dalam menghela bobot dan ukuran bodi yang terbilang besar.

Meski sektor performa bukan keunggulan mobil ini, dapur pacu Serena ternyata layak dapat apresiasi lebih.

Di atas kertas, Serena C27 mengusung mesin berkode MR20DD kapasitas 2.000 cc yang mampu hasilkan tenaga 150 dk dan torsi 200 Nm. Secara basis, mesin ini masih sama dengan yang diusung Serena C26.

Namun entah mengapa, mobil ini menawarkan performa yang lebih baik. PT Nissan Motor Indonesia (NMI) memang mengklaim telah melakukan ubahan pada internal mesin.

Selain sudah berstandar Euro4, kompresi mesin juga telah ditingkatkan menjadi 1:12,5, yang membuatnya wajib mengkonsumsi bahan bakar minimal RON 92.

Kemudian dari sisi transmisi turut berubah, kini Serena C27 mengusung Continously Variable Transmission (CVT), yang punya fitur terbaru yakni Adaptive Shift Control (ASC).

Fungsinya, melalui Transmission Control Unit (TCU) akan membaca gaya pengemudi.
Saat pengemudi menyetir agresif, maka TCU akan membaca gaya tersebut, dan akhirnya memberi input ke mesin agar lebih responsif.

Di samping itu, tersedia juga mode berkendara Eco, Normal, dan Sport. Fitur ini cukup berperan membuat mobil ini lincah dikemudikan saat berkendara luar kota, dan mampu menghemat bahan bakar saat di dalam kota.

Berdasarkan pengetesan kami, pada rute kombinasi dengan kecepatan rata-rata yang tercatat sekitar 43 kpj, konsumsi BBM Serena C27 menghasilkan 16,1 km per liter.

Sebuah angka konsumsi bahan bakar yang terbilang cukup irit untuk sebuah MPV 7 penumpang dengan mesin 2.000 cc.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/11/29/182100515/performa-nissan-serena-c27-konsumsi-bbm-tembus-16-1-kpl

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke