Tangki Bahan Bakar Bermasalah, Toyota Supra dan BMW Z4 Di-recall

Kompas.com - 23/11/2020, 17:41 WIB
Recall tangki BBM Toyota Supra dan BMW Z4 Autoevolution.comRecall tangki BBM Toyota Supra dan BMW Z4
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Akibat masalah tangki bahan bakar, Toyota Supra dan BMW Z4 akan ditarik untuk mengalami perbaikan atau umum disebut recall.

Mengutip dari Autoevolution, permasalahan utama pada tangki bakar lantaran proses pengelasan yang tidak sempurna sehingga membuat adanya masalah.

Dari nomor kampanye National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA) 20V-700 yang diajukan BMW Amerika Utara dijelaskan:

Baca juga: Subaru BRZ Terbaru Meluncur, Toyota 86 Menyusul Tahun Depan

"Pengelasan antara separuh tangki bahan bakar mungkin tidak dilakukan sesuai dengan spesifikasi. Masalah ini mengarah pada pemisahan pengelasan dalam skenario terburuk, menciptakan risiko keselamatan yang tidak wajar."

Recall tangki BBM Toyota Supra dan BMW Z4Autoevolution.com Recall tangki BBM Toyota Supra dan BMW Z4

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tak hanya itu, masih ada laporan yang peristiwa di luar pasar Amerika Serikat yang menyebutkan bahwa BMW Z4 yang diproduksi pada 2019 mengalami kebocoran bahan bakar tanpa alasan yang jelas.

Menurut penjelasan yang diberikan Magna Steyr, sebagai pemasok tangki bahan bakar untuk GR Supra dan Z4, hal tersebut kemungkinan besar terjadi karena parameter proses spesifik yang melibatkan waktu pemanasan bagian tangki belum terpenuhi.

Dari data dan laporan NHTSA, sejauh ini terkait masalah tangki bahan bakar yang dialami Supra dan Z4 belum mengalami masalah serius atau kecelakaan hingga menyebabkan cedera.

Untuk unit yang terdampak masalah ini adalah Toyota Supra lansiran 2020-2021, dan BMW Z4 2020-2021. Sementara dari jumlahnya sendiri memang cukup kecil, yakni hanya 49 unit.

Baca juga: Ketika Bodi Toyota GR Supra Jadi Sebuah Karya Seni

Recall tangki BBM Toyota Supra dan BMW Z4Autoevolution.com Recall tangki BBM Toyota Supra dan BMW Z4

Perbaikan akan dilakukan dengan mengganti tangki bahan bakar dengan tangki yang baru. Pemilik dari kedua mobil sport car tersebut akan diinfokan lebih lanjut pada 4 Januari 2021 untuk perbaikannya.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X