Ada Sirkuit Off Road Baru Tersembunyi di Jakarta

Kompas.com - 19/11/2020, 15:01 WIB
Sirkuit off road Hidden Valley Track, Baja Otomotif Superblok (B.O.S) Foto: IstimewaSirkuit off road Hidden Valley Track, Baja Otomotif Superblok (B.O.S)
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Keterbatasan lahan merupakan hambatan untuk mendirikan sirkuit yang mumpuni di Jakarta. Tapi kini akan ada trek baru yang letaknya bisa disebut kurang lazim.

Trek baru itu bernama “Hidden Valley Track” Baja Otomotif Superblok ( B.O.S). Lokasinya terletak di sebagian lahan PT Jakarta Kyoei Steel Works (JKSW) di Kawasan Industri Pulo Gadung, Jakarta Timur.

Baca juga: Sekolah Balap Drifting Resmi Beroperasi di Gading Serpong

Sirkuit off road Hidden Valley Track, Baja Otomotif Superblok (B.O.S)Foto: Istimewa Sirkuit off road Hidden Valley Track, Baja Otomotif Superblok (B.O.S)

Djoko Iman Santoso, CEO B.O.S. mengatakan, trek ini ditujukan untuk off road dan dapat digunakan untuk Motocross, Flat Track, Grass Track, Supermoto, Gravel Bike, Mountain Bike dan SUV Car.

“B.O.S memakai sebagian lahan JKSW yang usahanya adalah pabrik besi baja. Sirkuit memakai 2 hektar lahan JKSW, karena lahan ini sudah tidur selama 45 tahun,” katanya dalam keterangan resmi, Kamis (19/11/2020).

Ide awal mendirikan trek ini melihat kondisi lahan JKSW yang terbengkalai. Ketimbang menjadi hutan kecil dan tidak terpakai lebih baik kemudian dialih fungsikan menjadi sirkuit garuk tanah.

Baca juga: Sengaja Kempis, Ini Tujuan Ban Mobil Off Road Kurang Tekanan Udara

Sirkuit off road Hidden Valley Track, Baja Otomotif Superblok (B.O.S)Foto: Istimewa Sirkuit off road Hidden Valley Track, Baja Otomotif Superblok (B.O.S)

"Sebagian yang tidak digunakan itu beberapa kali dibersihkan namun kembali tumbuh alang-alang karena lahan tersebut tidak digunakan, dan menjadi sarang binatang yang sering bermunculan baik di area perusahaan," katanya.

Mulai pekan depan trek off road ini akan mulai dibuka untuk umum. Jam operasionalnya mulai dari pukul 10.00 WIB-17.00 WIB. Baru sampai sore sebab saat ini masih instalasi untuk pencahayaan.

B.O.S juga menjalin kerjasama dengan Indonesia International Motor Show (IIMS) untuk menjajaki agar sirkuit ini menjadi tempat multifungsi untuk pecinta otomotif, urban culture, penyediaan lokasi acara.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X