Seberapa Kuat Remote Keyless Honda Terhadap Air?

Kompas.com - 15/11/2020, 08:21 WIB
All New Honda Vario 150 2018. ISTIMEWAAll New Honda Vario 150 2018.
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Sistem keyless makin banyak dipakai oleh Honda. Sistem ini sudah dipakai di beberapa model mulai dari Honda Vario 150, PCX150, ADV150 dan Scoopy terbaru.

Fungsi dari kunci keyless biar lebih praktis karena tidak perlu memasukkan anak kunci lagi ke rumah kunci. Selain itu dengan keyless diklaim lebih aman dari maling.

Karena smart key memakai remote maka ada pantangan yang sebaiknya dihindari pengguna, salah satunya ialah terkena air.

Lantas seberapa kuat remote keyless tersebut kuat terhadap air?

Baca juga: All New Honda Scoopy Meluncur, Pakai Keyless

Harga All New Honda Scoopy Foto: Istimewa Harga All New Honda Scoopy

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM) Endro Sutarno menyatakan, jika masih hanya terkenda sedikit air tidak masalah dan tak membuat remote korslet.

"Kalau misalkan remotenya dikantungi terus basah kena air (gerimis) kalau sedikit tidak masalah. Kalau sengaja direndam air baru rusak," katanya di Cikarang, Kamis (12/11/2020).

Endro mengatakan, kalaupun terendam dan rusak atau korslet maka pengguna tidak perlu khawatir karena bisa diganti di bengkel resmi.

"Kalau sama sekali tidak bisa digunakan tinggal ganti remote," katanya.

Baca juga: Ingin Ganti Kunci Motor Pakai Keyless, Simak Ini

AHM memberikan kesempatan para siswa di SMK binaan untuk melakukan magang atau praktik kerja industri di jaringan AHASS.Dok. AHM AHM memberikan kesempatan para siswa di SMK binaan untuk melakukan magang atau praktik kerja industri di jaringan AHASS.

"Kalau kunci remote cadangan masih ada bisa untuk mendaftarkan remote baru. Kalau dua-duanya hilang (tidak ada/rusak), konsumen bisa daftarkan lewat barcode," katanya.

Kalaupun tidak ada barcode yang bisa digunakan untuk identifikasi maka tetap masih bisa hanya saja kemungkinan paling buruk harus ganti smart control unit (SCU).

"Kalau ilang semua kondisi terburuk harus ganti SCU, itu sudah satu set dengan remote. ECM (engine control unit) juga harus ganti. Proses pergantian tak lama paling setengah jam," kata Endro.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X