Tim Balap Moto2 Ini Juga Bakal Didik Mekanik Melalui Mandalika Racing Academy

Kompas.com - 10/11/2020, 13:01 WIB
Mandalika Racing Team Indonesia Foto: Iksan CuyMandalika Racing Team Indonesia

JAKARTA, KOMPAS.com - Mandalika Racing Team Indonesia (MRTI) resmi diluncurkan dan akan mulai berkompetisi di MotoGP 2021, khususnya kelas Moto2. Tak hanya akan membesarkan pebalap Indonesia, tim ini juga mendidik mekanik.

Ketua MRTI Rapsel Ali, mengatakan, pembentukan tim balap ini sebagai bentuk dukungan pada program Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menjadikan Indonesia sebagai tuan rumah MotoGP di Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat, pada tahun 2021. Untuk itu, MRTI direncanakan untuk mengikuti seri kejuaraan dunia Moto2 satu musim penuh di 2021.

Baca juga: Target MGPA Sirkuit Mandalika Kelar Juni 2021

"Kami juga mempersiapkan para pebalap Indonesia melalui program secara berkesinambungan dan berjenjang untuk menuju MotoGP melalui program Mandalika Racing Academy untuk road to MotoGP selanjutnya," ujar Rapsel, dalam sambutannya.

Indonesia bakal punya tim MotoGP di MandalikaIstimewa Indonesia bakal punya tim MotoGP di Mandalika

Selain pebalap, melalui Mandalika Racing Academy juga akan disiapkan mekanik-mekanik asal Indonesia yang andal.

Direktur MRTI Kemalsyah Nasution, mengatakan, Mandalika Racing Academy bukan hanya untuk pebalap. Tapi, ada juga bimbingan untuk mekanik.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Untuk tampil di MotoGP, mekaniknya juga harus bersertifikasi. Kalau sekarang dicari di Indonesia, menurutnya, sulit untuk mendapatkannya.

Baca juga: Mandalika Racing Team Indonesia Tetap Akan Kontrak Pebalap Asing

"Maka itu, kenapa ditawarkan untuk berkolaborasi full. Jadi, nanti posisinya itu team manager orang asing. Tapi, asisten manajer orang Indonesia, maksudnya untuk belajar," kata Kemal.

Kemal menambahkan, begitu pula dengan mekaniknya. MRTI akan ada mekanik junior yang ikut di dalam tim juga. Jadi, bukan hanya menampilkan pebalapnya saja. Tapi, menurut MRTI, ini juga untuk perubahan ke depan.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.