Mau Pasang Tombol Start Stop Engine? Siapkan Rp 3 Jutaan

Kompas.com - 04/11/2020, 15:41 WIB
Ilustrasi fitur automatic engine start-stop. Autoguide.comIlustrasi fitur automatic engine start-stop.

JAKARTA, KOMPAS.com - Beberapa mobil keluaran pabrikan kini sudah dilengkapi dengan tombol start/stop engine untuk menghidupkan dan mematikan mesin. Dengan fitur tersebut, pengemudi tidak perlu repot mencari lubang kunci serta memasukkan anak kuncinya.

Meski belum semua model dilengkapi dengan fitur kekinian tersebut, tombol start/stop engine ternyata bisa ditambahkan. Sebab, saat ini dipasaran sudah ada produk aftermarket yang sifatnya universal, alias bisa dipakai di mobil apapun.

Tidak sedikit pemilik mobil yang akhirnya memutuskan menambahkan tombol start/stop engine pada mobilnya guna menambah futuristis pada kendaraannya.

Baca juga: Grab Indonesia Klaim Sudah Operasikan 5.000 Kendaraan Listrik

“Fungsi dari pemasangan tombol start/stop engine sebetulnya hanya sebagai variasi saja untuk mempercantik penampilan dari kendaraan. Karena barang ini adalah variasi dan bukan OEM (Original Equipment Manufacturer),” ujar Franky pemilik Modifie Car Accessories, saat dihubungi Kompas.com, Rabu (4/11/2020).

Jika baterai remote keyless habis, hanya tinggal hadapkan logo Toyota pada tombol engine start stop.Ghulam/Otomania Jika baterai remote keyless habis, hanya tinggal hadapkan logo Toyota pada tombol engine start stop.

Dengan penambahan fitur tersebut, pemilik kendaraan juga bisa menghidupkan dan mematikan mobil dari jauh menggunakan remote keyless, tanpa harus masuk ke kabin terlebih dulu untuk menekan tombol engine start/stopnya.

Untuk biaya pemasangannya, Franky mematok kisaran harga dari Rp 3 jutaan hingga Rp 4 jutaan.

Baca juga: PO Garuda Mas Tambah Dua Bus Tingkat untuk Armada AKAP

“Harga pemasangan sama untuk semua tipe mobil Rp 3,95 juta, Kecuali untuk Innova Reborn tipe G ada perbedaan harga, yakni Rp 4,85 juta karena ada penambahan panel original (bagian bawah leher setir dan panel engine start/stop) sehingga menyerupai original Innova Venturer,” kata Franky.

“Paket keyless juga termasuk 2 remote kunci baru, dengan berbagai macam model. Misal, untuk Toyota model kuncinya seperti Fortuner VRZ, untuk Honda model kuncinya seperti CRV Turbo,” lanjut Franky.

Sementara untuk lama pengerjaan, Franky mengatakan hanya membutuhkan waktu kurang lebih sekitar 5 jam. Jadi, mobil tidak perlu menginap.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X