Dovizioso Bela Joan Mir, Tak Perlu Menang buat Jadi Juara Dunia

Kompas.com - 03/11/2020, 18:01 WIB
Andrea Dovizioso saat berlaga di MotoGP Emilia Romagna. (Photo by ANDREAS SOLARO / AFP) ANDREAS SOLAROAndrea Dovizioso saat berlaga di MotoGP Emilia Romagna. (Photo by ANDREAS SOLARO / AFP)
|

VALENCIA, KOMPAS.com - Pebalap Ducati Andrea Dovizioso mengatakan bahwa Joan Mir tidak perlu kemenangan untuk mengklaim gelar juara dunia 2020, karena yang penting ialah gelar akhir.

Mir saat ini merupakan pemimpin klasemen sementara. Tapi pebalap Spanyol itu belum pernah menang di seri manapun. Hal itu tentu menjadi tekanan tersendiri, dan cibiran beberapa orang.

"Tidak, saya rasa tidak. Menurut saya tidak terlalu penting, terutama kejuaraan ini adalah kejuaraan yang aneh karena banyak alasan, dan pada akhirnya yang paling penting adalah poinnya," kata Dovi mengutip Motorsprot.com, Selasa (3/11/2020).

Baca juga: Lorenzo Akui Tertarik Pindah ke Aprilia

Joan Mir saat berlaga di MotoGP Le Mans. (Photo by JEAN-FRANCOIS MONIER / AFP)JEAN-FRANCOIS MONIER Joan Mir saat berlaga di MotoGP Le Mans. (Photo by JEAN-FRANCOIS MONIER / AFP)

Dengan tiga seri tersisa Mir dan Fabio Quartararo merupakan kandidat yang sedang bersaing. Meski demikian, Mir di satu sisi seolah punya beban sendiri karena harus mengumpulkan poin tapi juga menang seri.

"Itu dia. Semua orang ingin menang, semua orang ingin menang, tapi bukan itu intinya. Jadi, menurutku dia tidak perlu melakukannya," kata Dovi.

Saat ini belum ada pebalap yang meraih gelar juara dunia MotoGP tanpa kemenangan satu seri pun. Pernah ada juara dunia tanpa kemenangan, tapi di kelas 125cc yaitu Emilio Alzamora pada tahun 1999.

Pebalap Suzuki Ecstar, Alex Rins (kiri) dan Joan Mir (kanan), meraih podium pada balapan MotoGP Aragon, 18 Oktober 2020. AFP/JOSE JORDAN Pebalap Suzuki Ecstar, Alex Rins (kiri) dan Joan Mir (kanan), meraih podium pada balapan MotoGP Aragon, 18 Oktober 2020.

Pebalap Pramac Ducati Jack Miller mengatakan, di posisinya saat ini Mir memang tidak perlu mengambil risiko untuk menang, yang mana bisa saja justru dapat berpengaruh pada perolehan poin.

Baca juga: Honda Vario 125 CBS Berubah Lebih Jantan, Bisa Libas Segala Medan

"Kami mungkin memiliki situasi sama seperti Emilio Alzamora jika terus seperti ini, karena saya tidak melihat dia (Mir) perlu mengambil risiko memenangkan perlombaan pada saat ini,” kata Miller.

Pebalap tim Pramac Racing, Jack Miller, saat berhasil naik podium di Grand Prix Valencia, 17 November 2019.AFP/PIERRE-PHILIPPE MARCOU Pebalap tim Pramac Racing, Jack Miller, saat berhasil naik podium di Grand Prix Valencia, 17 November 2019.

Ketika hal ini ditanyakan ke Joan Mir, pebalap Suzuki Ecstar tersebut mengatakan tidak terlalu peduli dengan kemenangan, yang paling penting ialah bisa menjadi juara dunia.

"Tidak masalah, yang penting bisa juara, saya tidak peduli dengan kemenangan,” kata Mir.

“Saya hanya peduli tentang tampil 100 persen dan jika sudah 100 persen tapi hingga akhir musim saya tidak memiliki kecepatan untuk menang, maka penting untuk memiliki kecepatan untuk naik podium dan meraih gelar," katanya.



Sumber Motorsport
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X