Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nissan Kicks Raih 5 Bintang di Uji Tabrak ASEAN NCAP

Kompas.com - 03/11/2020, 17:41 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Nissan Kicks e-Power meraih hasil sempurna dengan perolehan 5 bintang dalam uji tabrak yang dilakukan oleh New Car Assessment Program for Southeast Asian Countries (ASEAN NCAP) di MIROS PC3, Melaka, Malaysia.

Perolehan tersebut usai produk terbaru dari Nissan ini melakukan serangkaian uji tabrak, seperti uji tabrak bagian depan, samping, dan evaluasi fitur keselamatan.

Dalam hal perlindungan penumpang dewasa, saat terjadi tabrakan depan Nissan Kicks diberi nilai 15,78 poin dari total 16 poin. Nissan Kicks memberikan perlindungan terbaik untuk bagian kepala, badan hingga kaki pengemudi maupun penumpang.

Baca juga: November 2020, Harga Motor Trail dan Adventure Masih Stabil

Review Nissan Kicks e-Power. Pembuktian teknologi baru Nissan di jalan kawasan CiletuhKompas.com Review Nissan Kicks e-Power. Pembuktian teknologi baru Nissan di jalan kawasan Ciletuh

"SUV tetap stabil dalam uji tabrakan depan dengan data uji diperoleh dari boneka menunjukkan bahwa kendaraan menyajikan perlindungan baik untuk penghuni dewasa. Namun demikian, terdapat risiko cedera pada kaki bagian bawah penumpang," sebut ASEAN NCAP.

Untuk perlindungan tabrakan samping, Nissan Kicks mendapat nilai sempurna dengan 16 poin. Mobil ini memberikan perlindungan baik pada kepala hingga badan penghuni mobil ketika terjadi tabrakan samping.

Sementara untuk teknologi perlindungan kepala, mobil ini diberi nilai 2,29 poin dari nilai maksimal 4,00.

Adapun untuk perlindungan penumpang anak, Nissan Kicks diberi nilai 14,37 poin pada tabrakan depan dari poin maksimal 16,00 dan nilai 8,00 dari nilai maksimal 8,00 pada tabrakan samping. Dengan bobot nilai 25 persen untuk perlindungan anak-anak, Nissan Kicks meraih nilai total 20,77.

Maka secara keseluruhan, mobil yang baru saja diperkenalkan di Tanah Air tersebut mendapat perlindungan penumpang dewasa yang baik dengan nilai 47,31 poin dari total 50.00 poin.

Baca juga: Rincian Tarif Baru Tol JORR I Mulai 7 November 2020

Review Nissan Kicks e-Power. Pembuktian teknologi baru Nissan di jalan kawasan CiletuhKompas.com Review Nissan Kicks e-Power. Pembuktian teknologi baru Nissan di jalan kawasan Ciletuh

Pencapaian tersebut tak lepas dari penyematan berbagai fitur keselamatan pada mobil seperti, 2 airbag, Electronic Stability Control, serta sistem pengingat sabuk pengaman untuk pengemudi dan penumpang depan.

"Model ini juga menawarkan teknologi keselamatan Intelligent Rear View Mirror, Autonomous Emergency Braking Inter-Urban dan Forward Collision Warning system baik sebagai perlengkapan standar maupun opsional," terang pernyataan ASEAN NCAP.

"Dalam penilaian ini Nissan Kicks berhasil memperoleh skor keseluruhan sebesar 86.93 poin dari tiga kategori perlindungan penumpang dewasa, perlindungan penumpang anak-anak dan teknologi keselamatan. Maka, kami berikan peringkat 5-bintang," lanjutnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com