Kompas.com - 02/11/2020, 20:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.comModifikasi sepeda motor memang tidak ada habisnya, salah satu komponen yang kerap dimodifikasi yaitu bagian setang. Beberapa orang memilih untuk mengganti setang standar dengan model jepit.

Setang jepit biasanya digunakan pada motor model sport, ayam jago bahkan di skutik juga ada. Inspirasi dari memakai setang jepit ini yaitu dilihat dari motor-motor balap drag, namun bagaimana keamanannya jika digunakan pada motor harian?

Head of Safety Riding Promotion Wahana, Agus Sani mengatakan, ketika ingin mengganti setang motor standar dengan model jepit, harus tetap memerhatikan sisi keamanannya.

Baca juga: Siap-siap, Lewat Tol Layang Japek II Kena Biaya Rp 20.000

Model setang dari salah satu sepeda motor modifikasi bergaya retro caferacer di bengkel Clacustique, Depok, Senin (19/2/2018).Kompas.com/Alsadad Rudi Model setang dari salah satu sepeda motor modifikasi bergaya retro caferacer di bengkel Clacustique, Depok, Senin (19/2/2018).

“Mengganti setang standar menjadi model jepit otomatis postur berkendaranya jadi sedikit berubah. Mungkin kenyamanan dalam bermanuver juga menjadi berkurang,” ucap Agus kepada Kompas.com, Senin (2/11/2020).

Namun jika tetap ingin memakai setang jepit pada motor harian, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Pastikan kualitas bahan dan pengikat setang jepit aman untuk digunakan, jangan yang abal-abal.

“Sebaiknya untuk modifikasi bagian penting seperti setang, enggak bisa sembarangan memilih, harus dilihat kualitas bahannya agar tetap aman digunakan,” ucap Agus.

Baca juga: Sisa Kemewahan di Kabin Varian Termurah Wuling Cortez

Jika memakai yang kurang baik kualitasnya, ada kemungkinan setang patah ketika tiba-tiba melewati lubang atau jalan bergelombang. Tubuh pengendara motor pasti akan mendorong ke depan, kalau setang tidak kuat, bisa patah atau bengkok.

“Jika ingin dipakai harian, usahakan jangan terlalu kecil sudut setangnya, agar tetap nyaman ketika belok,” kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.