Arus Balik Libur Cuti Bersama, Waspada 4 Titik Rawan Kecelakaan di Lembang

Kompas.com - 01/11/2020, 14:02 WIB
 Ilustrasi Tol Cipali saat dipakai pemudik musim lebaran 2019 KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Ilustrasi Tol Cipali saat dipakai pemudik musim lebaran 2019

JAKARTA, KOMPAS.com - Puncak arus balik wisatawan pada libur panjang pekan ini dari kawasan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat diprediksi terjadi pada Sabtu (31/10/2020) dan Minggu (1/11/2020).

Sejumlah petugas telah disiagakan di beberapa titik rawan kepadatan dan kecelakaan lalu lintas sebagai langkah antisipatif atas prediksi tersebut. Rekayasa lalu lintas yang bersifat situasional guna memecah kemacetan pun sudah siap dijalankan.

Kendati demikian, peran pengemudi atau pengguna jalan untuk taat berlalu lintas dan senantiasa waspada tetap yang paling utama. Apalagi di wilayah ini setidaknya ada empat titik rawan kecelakaan.

Baca juga: Persiapan Arus Balik, Ingat Kembali Batas Kecepatan di Jalan Tol

Kemacetan terjadi di Kawasan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Selasa (29/7/2014).KOMPAS.com/Putra Prima Perdana Kemacetan terjadi di Kawasan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Selasa (29/7/2014).

Kanitlantas Polsek Lembang AKP Asep Ratman menyebutkan, titik rawan pertama ialah ruas jalan dengan kontur menurun di Jalan Raya Tangkuban Parahu atau sebelum gerbang objek wisata Orchid Forest.

Kemudian, ruas jalan di depan Mako Brimob Yon B Cikole, kontur jalan menurun di sekitar Desa Cibogo atau pintu masuk objek wisata Lembah Dewata, serta jalan menikung sekitar Desa Gudangkahuripan setelah Farmhouse.

"Di turunan Cibogo itu rawan kecelakaan juga. Jadi perlu diperhatikan jalur-jalur tersebut," ujar Asep.

Dengan adanya titik rawan tersebut, Asep mengimbau para pengguna jalan agar tetap menaati rambu lalu lintas.

Dengan kontur jalan yang menurun dan berbelok, Asep meminta para pengendara tetap waspada dengan laju kecepatan kendaraan rendah. Terlebih, cuaca pada musim hujan membuat jalan di belokan dan turunan menjadi licin.

Baca juga: Ingat, Jangan Biasakan Minum Suplemen Ketika Berkendara Jarak Jauh

Petugas memeriksa pengendara di pos pemeriksaan (check point) di perbatasan Kabupaten Tasikmalaya dengan Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Selasa (26/5/2020). Pemeriksaan tersebut sebagai upaya penyekatan pemudik lokal yang hendak keluar-masuk Provinsi Jabar juga para pelancong ke tempat wisata di daerah masing-masing yang rentan penyebaran COVID-19.ANTARA FOTO/ADENG BUSTOMI Petugas memeriksa pengendara di pos pemeriksaan (check point) di perbatasan Kabupaten Tasikmalaya dengan Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Selasa (26/5/2020). Pemeriksaan tersebut sebagai upaya penyekatan pemudik lokal yang hendak keluar-masuk Provinsi Jabar juga para pelancong ke tempat wisata di daerah masing-masing yang rentan penyebaran COVID-19.

"Tapi alangkah baiknya kalau sekiranya hujan lebih baik menepi dulu menunggu turun hujan. Apalagi kalau turun hujan maka lebih rawan," imbau dia.

"Struktur jalan di kawasan Lembang itu berbelok, menanjak ataupun turunan jadi kalau sekiranya hujan turun lebih baik istirahat dulu," lanjut Asep.

Asep menyebutkan, sejumlah penerangan jalan umum (PJU) sudah ditambah di sekitar Jalan Raya Cikole - Tangkuban Parahu. Di samping itu, polisi juga memasang beberapa rambu lalu lintas berisi peringatan atau petunjuk yang ditempatkan di titik rawan kecelakaan.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X