Depankan Edukasi, Operasi Zebra 2020 Tidak Ada Target Tilang

Kompas.com - 30/10/2020, 15:21 WIB
Petugas polantas Polres Aceh Barat memeriksa kelengkapan surat kendaran bermotor saat Operasi Zebra Rencong 2019 di Desa Peunaga, Kecamatan Meureuboe, Aceh Barat, Aceh, Rabu (23/10/2019). Operasi yang berlangsung selama dua pekan tersebut untuk meningkatkan kesadaran dan ketertiban masyarakat dalam berlalu lintas. ANTARA FOTO/SYIFA YULINNASPetugas polantas Polres Aceh Barat memeriksa kelengkapan surat kendaran bermotor saat Operasi Zebra Rencong 2019 di Desa Peunaga, Kecamatan Meureuboe, Aceh Barat, Aceh, Rabu (23/10/2019). Operasi yang berlangsung selama dua pekan tersebut untuk meningkatkan kesadaran dan ketertiban masyarakat dalam berlalu lintas.
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Kapolri Jenderal Polisi Idham Aziz menginstruksikan seluruh jajaran Korlantas Polri mengedepankan proses edukasi dalam pelaksanaan Operasi Zebra 2020 di tengah pandemi Covid-19.

Sehingga, penindakan hukum berupa tilang atas pengguna kendaraan yang melanggar aturan lalu lintas dan angkutan jalan, serta protokol kesehatan bukan hal utama.

"Berdasarkan arahan pak Kapolri, operasi zebra tahun ini mengedepankan simpatik dan edukasi. Tidak ada tilang dan target tilang," ujar Kadiv Humas Polri Irjen Argo Yuwono, Kamis (29/10/2020).

Baca juga: Persiapan Arus Balik, Kendaraan Niaga Dilarang Masuk Tol Japek

Operasi Zebra yang digelar Satlantas Polres Palopo, Kamis (29/10/2020) siang dilakukan dengan menyosialisasikan pencegahan covid-19 dan membagikan Masker kepada pengendara.MUH. AMRAN AMIR Operasi Zebra yang digelar Satlantas Polres Palopo, Kamis (29/10/2020) siang dilakukan dengan menyosialisasikan pencegahan covid-19 dan membagikan Masker kepada pengendara.

Kegiatan simpatik pada operasi tersebut, lanjut Argo, berupa penyuluhan, penerangan, pembagian masker, pembagian sembako, serta kegiatan sosial lainnya.

"Sebab, operasi kemanusiaan di tengah pandemi lebih dibutuhkan masyarakat," lanjutnya.

Kendati demikian, bagi pengendara yang tidak menggunakan atribut lengkap berkendara termasuk dokumen-dokumennya seperti STNK dan SIM, serta berpotensi membahayakan pengendara lain, tetap ditindak sesuai aturan berlaku.

Baca juga: Lawan Arah Jadi Pelanggaran Favorit Hari Pertama Operasi Zebra

Ada delapan prioritas pelanggaran yang jadi sasaran operasi, yakni pemotor yang tidak menggunakan helm berstandar nasional Indonesia (SNI), pengendara mobil tidan menggunakan sabuk pengaman, dan pengendara kendaraan dalam pengaruh alkohol.

Kemudian, pengendara ranmor yang melawan arus, melebihi batas kecepatan, menggunakan ponsel saat berkendara, dan berkendara di bawah umur.

Sebagaimana diketahui, Korlantas Polri menggelar Operasi Zebra 2020 serentah di seluruh wilayah mulai 26 Oktober hingga 8 November 2020.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X