Relaksasi Pajak Batal, Mobil Bekas 7 Penumpang Kembali Jadi Incaran

Kompas.com - 24/10/2020, 13:02 WIB
Konsumen yang datang pada Weekend Surorise Mobil88 2015 di Parkir Timur Senayan. Konsumen yang datang pada Weekend Surorise Mobil88 2015 di Parkir Timur Senayan.
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Ditolaknya relaksasi pajak nol persen untuk mobil baru, menjadi angin segar bagi para pebisnis mobil bekas. Paling tidak, hal tersebut membuat konsumen tak lagi kembali menunda pembelian.

Kondisi ini pun menberikan harapan adanya peningkatan kembali, walau secara target memang sulit untuk bisa mengejar di sisa waktu yang hanya sesaat lagi.

"Paling tidak ada kepastian, konsumen yang sebelumnya menunda sekarang sudah mulai mencari lagi dan ada pergerakan. Secara terget memang akan sulit, tapi kita akan lihat nanti sampai akhir tahun bagaimana," ujar Herjanto Kosasih, Senior Manager Bursa Mobil Bekas WTC Mangga Dua kepada Kompas.com, beberapa hari lalu.

Baca juga: Jangan Harap Ada Penghapusan Denda Pajak Kendaraan di DKI

Ketika ditanya soal model mobil yang akan banyak dicari hingga akhir tahun, pada dasarnya menurut Herjanto tetap tak berubah. Mobil-mobil MPV murah dan harga di bawah Rp 150 juta akan tetap menjadi incaran.

Toyota Calya Facelift 2019 Toyota Calya Facelift 2019

Mulai dari Avanza- Xenia lawas, Ertiga, sampai mobil murah ramah lingkungan (LCGC) 7 penumpang, yakni Sigra dan Calya.

"Kalau Avanza, Ertiga, Xenia itu kemungkinan yang usia pakai di atas 5 tahun, karena konsumen dalam kondisi seperti ini juga pasti tetap cari harga murah. Model-model 2012 - 2014, Xenia atau Avanza itu sekarang sudah di kisaran Rp 130-150 jutaan, tergantung kondisi juga," ucap Herjanto.

"Menariknya ini, konsumen juga mulai buru Sigra dan Calya, karena dengan harga Rp 125 jutaan sudah dapat unit muda dan matik. Konsumen sudah tidak mikir lagi kalau images mobil ini taksi online, mereka butuh, dananya pas, mereka beli," kata dia.

Ridwan pemilik showroom mobil bekas di Klender juga mengatakan hal serupa. Menurut Ridwan, kecendrungan konsumen memang masih mencari mobil serba guna layakanya Avanza dan teman-temannya.

Pasar mobil bekas di bulan RmadhanStanly/Otomania Pasar mobil bekas di bulan Rmadhan

Baca juga: Mobil Bekas Rp 40 Jutaan di Balai Lelang, Ada Vios, Yaris, sampai BMW

Namun bila harga tak cocok, mereka gesernya ke Calya atau Sigra. Bahkan masih ada juga yang cari Datsun tahun lawas dengan transmisi CVT.

"Sigra atau Calya sekennya 2018-2019 itu sekitar Rp 110 jutaan sampai Rp 130 jutaan, ini memang jadi incaran," ucap Ridwan.

Datsun akan mengakhiri produksinya di Indonesia mulai Januari 2020.Stanley Ravel Datsun akan mengakhiri produksinya di Indonesia mulai Januari 2020.

"Tapi kalau mau yang murah lagi dengan CVT ada Datsun, bekasnya Rp 115-120 jutaan, tapi unitnya memang susah karena jualannya kan juga sedikit kemarin APM-nya," kata dia.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X