Mengalami Aquaplaning Saat Mengemudi, Jaga Setir Agar Tetap Lurus

Kompas.com - 22/10/2020, 10:12 WIB
Ilustrasi mobil mengalami hydroplaning di jalan yang basah. Dok. ShutterstockIlustrasi mobil mengalami hydroplaning di jalan yang basah.
Penulis Ari Purnomo
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Hilangnya daya cengkeram ban atau aquaplaning saat berkendara di bawah guyuran hujan atau melibas genangan air bisa menimpa siapa saja.

Saat itu terjadi, mobil seakan melayang dan tidak bisa dikendalikan karena ban tidak bisa sempurna menempel aspal.

Tidak jarang pengendara yang mengalami kejadian ini terlibat kecelakaan yang lebih fatal hingga menyebabkan korban jiwa.

Lalu bagaimana sebaiknya sikap pengemudi ketika mengalami gejala aquaplaning? Training Director The Real Driving Center ( RDC) Marcell Kurniawan memberikan sedikit tips yang bisa dilakukan oleh pengemudi ketika mengalami hydroplaning.

Baca juga: Catat, Ini Jadwal Penghapusan Denda Pajak Kendaraan di 7 Provinsi

Salah satu yang bisa dilakukan adalah dengan mengurangi kecepatan kendaraan untuk meminimalisir potensi kecelakaan.

Ilustrasi berkendara diguyur hujan.Istimewa Ilustrasi berkendara diguyur hujan.

“Ketika melintas di jalan yang terdapat genangan air, usahakan setir tetap dalam posisi lurus. Dengan begitu jika terjadi aquaplaning, mobil akan bergerak lurus,” ujar Marcell kepada Kompas.com, Rabu (21/10/2020).

Marcell menambahkan, jika ban mobil membelok atau tidak lurus saat melewati genangan air dan terjadi aquaplaning, maka mobil bisa kehilangan arah serta melaju tak terkendali.

Pada kesempatan berbeda, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia ( SDCI) Sony Susmana mengatakan, hydroplaning bisa terjadi ketika kendaraan melibas jalan yang tergenang air dengan kecepatan tinggi.

Baca juga: 1,6 Juta Kendaraan Bermotor di Jateng Belum Bayar Pajak

Ketika pengemudi mengalami hal itu, Sony menyarankan, agar tidak langsung panik dan tetap tenang.

“Saat terjadi aquaplaning langsung lepas pedal gas, rem, dan kopling. Jangan dilawan tapi diikuti saja, sambil tahan posisi setir,” kata Sony.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X