Menanti Mobil Baru Honda, Meluncur Akhir Tahun Ini?

Kompas.com - 20/10/2020, 08:22 WIB
Ilustrasi  All New Honda Brio Satya Dok. GridOtoIlustrasi All New Honda Brio Satya

JAKARTA, KOMPAS.com – 2020 hampir usai, namun PT Honda Prospect Motor (HPM) sama sekali belum meluncurkan mobil baru. Selama 9 bulan berjalan tahun ini, Honda masih bertahan dengan model-model yang sudah ada sebelumnya.

Walaupun tak punya produk baru, penjualan Honda diklaim mengalami tren positif saat pandemi. Di mana pada September lalu, penjualan secara retail mencatat 5.835 unit atau naik 20 persen dibandingkan bulan sebelumnya.

Yusak Billy, Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor (HPM), mengatakan, ada sejumlah cara untuk merangsang pasar.

Baca juga: Sah, Pelat Nomor Kendaraan Listrik Ada Tanda Khusus Kelir Biru

Ilustrasi penjualan mobil. ISTIMEWA Ilustrasi penjualan mobil.

Menghadirkan produk baru tentu saja jadi salah satu caranya. Namun selain itu, pabrikan bisa memanfaatkan program pembelian dan melaksanakan digital marketing lewat berbagai kegiatan yang diselenggarakan secara virtual.

Product refreshment itu merupakan strategi kami untuk meningkatkan penjualan selain program penjualan. Jadi untuk waktu ataupun modelnya mengikuti kondisi pasar,” ucap Billy, dalam konferensi virtual (19/10/2020).

Ia mengatakan, kehadiran produk baru merupakan sebuah keniscayaan di tengah kondisi pasar yang belum stabil karena diterpa badai pandemi.

Baca juga: Kenapa Bus Tidak Mematikan Mesinnya Saat Isi Solar?

Ekspor Honda Brio ke Filipinadok.HPM Ekspor Honda Brio ke Filipina

Billy kasih sinyal pihaknya akan segera mengenalkan produk baru saat pasar mulai stabil. Dan menjelang kuartal keempat tahun ini, tren positif mulai dirasakan PT HPM.

Berdasarkan data Gaikindo, Honda Brio jadi model yang paling banyak terjual pada September lalu. Untuk Brio Satya jumlanya mencapai 2.507 unit atau meningkat 33 persen dibandingkan bulan sebelumnya.

Sementara Brio RS meraih 1.115 unit atau meningkat 80 persen dari Agustus 2020 sebanyak 621 unit. Secara akumulatif pada Januari-September tahun ini, Honda telah mengumpulkan 55.548 unit.

Baca juga: Sri Mulyani Tolak Usulan Pajak Nol Persen, Ini Kata Produsen Mobil

Honda HR-VDOK. HONDA PROSPECT MOTOR Honda HR-V

“Mengenai waktu peluncuran kita lihat kondisi pasar seperti apa, jadi belum bisa disebutkan kapan mengalami penyegaran,” ujarnya.

“Pasar bagaimana kebutuhannya, konsumen seperti apa. Kapan dia akan refresh kami pelajari terus, kalau waktunya ada pasti akan segera kami beritahukan,” kata Billy.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X