Ada Kuburan di Dalam Bus, Biasa Diduduki Penumpang

Kompas.com - 19/10/2020, 16:21 WIB
Bus mesin depan Haltebus.comBus mesin depan

JAKARTA, KOMPAS.comIstilah yang dimiliki para penggemar bus atau bismania memang lah banyak. Salah satu istilah yang nyeleneh yaitu kuburan. Kuburan ini biasanya ada di kabin bus dengan posisi mesin di depan.

Anggota Forum Bismania Indonesia, Dimas Raditya mengatakan, istilah kuburan ini ditujukan untuk kap mesin bus bermesin depan yang ada di kabin. Karena bentuknya yang nongol, jadi menyerupai kuburan.

“Ini untuk model bus yang zaman dahulu, ketika bodinya masih belum model high deck (HD). Kalau sekarang, yang model HD, sudah enggak nongol lagi,” kata Dimas kepada Kompas.com, Senin (19/10/2020).

Baca juga: Sah, Pelat Nomor Kendaraan Listrik Ada Tanda Khusus Kelir Biru

Kabin bus mesin depanIstimewa Kabin bus mesin depan

Kuburan ini juga kerap dijadikan tempat duduk, dengan ditambahi busa agar lebih nyaman. Memang tempat duduk ini terkesan memaksa, namun cukup menguntungkan karena bisa memuat lebih banyak penumpang.

“Kalau busnya tidak memakai sekat, biasanya masih ada kuburan yang dikasih alas duduk,” ucap Dimas.

Baca juga: Pil Pahit Quartararo di GP Aragon, dari Pole Position Finish Posisi 18

bus mesin depanfuat cepat selamat bus mesin depan

Dimas mengatakan, alas tambahan ini bukan dibuat di karoseri bus, melainkan dipasang sendiri oleh operatornya. Mengingat bus-bus dengan kuburan ini digunakan untuk bus ekonomi dan ekonomi AC yang mementingkan banyak penumpang, bukan kenyamanan.

Bus ekonomi dan ekonomi AC juga terkadang memiliki trayek jarak dekat sampai menengah, jadi duduk di kuburan masih terbilang nyaman. Adanya busa ini juga bisa membantu meredam panas jika diduduki penumpang.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X