Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ada Kuburan di Dalam Bus, Biasa Diduduki Penumpang

JAKARTA, KOMPAS.com – Istilah yang dimiliki para penggemar bus atau bismania memang lah banyak. Salah satu istilah yang nyeleneh yaitu kuburan. Kuburan ini biasanya ada di kabin bus dengan posisi mesin di depan.

Anggota Forum Bismania Indonesia, Dimas Raditya mengatakan, istilah kuburan ini ditujukan untuk kap mesin bus bermesin depan yang ada di kabin. Karena bentuknya yang nongol, jadi menyerupai kuburan.

“Ini untuk model bus yang zaman dahulu, ketika bodinya masih belum model high deck (HD). Kalau sekarang, yang model HD, sudah enggak nongol lagi,” kata Dimas kepada Kompas.com, Senin (19/10/2020).

Kuburan ini juga kerap dijadikan tempat duduk, dengan ditambahi busa agar lebih nyaman. Memang tempat duduk ini terkesan memaksa, namun cukup menguntungkan karena bisa memuat lebih banyak penumpang.

“Kalau busnya tidak memakai sekat, biasanya masih ada kuburan yang dikasih alas duduk,” ucap Dimas.

Dimas mengatakan, alas tambahan ini bukan dibuat di karoseri bus, melainkan dipasang sendiri oleh operatornya. Mengingat bus-bus dengan kuburan ini digunakan untuk bus ekonomi dan ekonomi AC yang mementingkan banyak penumpang, bukan kenyamanan.

Bus ekonomi dan ekonomi AC juga terkadang memiliki trayek jarak dekat sampai menengah, jadi duduk di kuburan masih terbilang nyaman. Adanya busa ini juga bisa membantu meredam panas jika diduduki penumpang.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/10/19/162100015/ada-kuburan-di-dalam-bus-biasa-diduduki-penumpang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke