Modifikasi Yamaha XS650 Chopper yang Enak Buat Harian

Kompas.com - 10/02/2020, 09:22 WIB
Yamaha XS650 Chopper Foto: IstimewaYamaha XS650 Chopper

JAKARTA, KOMPAS.com - Yamaha XS650 dikenal sebagai sepeda motor yang enak buat bahan kustom. Tak heran motor tersebut banyak dimodifikasi agar sesuai kehendak sang pemilik.

Salah satunya ialah XS650 bergaya chopper besutan Protechnic Moto. Motor klasik 2-silinder besutan Yamaha itu disulap jadi pesolek namun tetap enak dipakai sehari-sehari.

Baca juga: Yamaha XS650 Bukti Kejeniusan Pabrikan Jepang

Yamaha XS650 Chopper Foto: Istimewa Yamaha XS650 Chopper

"Konsepnya chopper tapi yang enak buat dipakai jalan harian, makanya pakai suspensi belakang bukan rigid seperti traditional chooper, minta yang punya," kata Ari Supriyanto, punggawa Protechnic kepada Kompas.com, Minggu (9/2/2020).

Proses pembuatannya tidak memakan waktu banyak karena Ari memang sudah biasa membuat chopper. Beberapa pakem pada motor ini sudah pernah dibuat, seperti sasis kustom yang dibangun dari nol.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Saya sudah beberapa kali membuat sasis seperti itu jadi lebih mudah. Sang empunya memang pernah lihat motor yang dulu, makanya dia pilih yang seperti itu karena dirasa enak sesuai kemauannya," katanya.

Baca juga: Harga Mesin Copotan Yamaha XS650 Tembus Puluhan Juta Rupiah

Yamaha XS650 Chopper Foto: Istimewa Yamaha XS650 Chopper

Aplikasi lain semisal tangki, bentuk jok dan spatbor belakang berbahan alumunium pun tidak menemui kendala berarti. Semuanya sudah pernah dibuat Ari, yang mana bengkelnya memang terkenal piawai membentuk alumunium.

"Total pengerjaan lima bulan dari nol. Buat assembly dari nol sebetulnya empat bulan. Satu bulan itu finishing termasuk ngecat. Soalnya kita kirim ke Solo (Hacka Pinstriping), mesti nunggu karena pasiennya banyak," katanya.

Spesifikasi:

Suspensi depan: Honda CB 400 vtech
Suspensi belakang: Aftermarket H-D
Tromol depan: H-D
Tromol belakang: Kawasaki KXF 250 (trail)
Ban: Shinko
Velg: Kustom
Body kustom alumunium
Frame: Kustom
Lengan ayun: Kustom
Setang: Kustom

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.