Kenali Gejala Malfungsi pada Airbag

Kompas.com - 15/10/2020, 18:01 WIB
Dual SRS Airbag. Toyota Astra Motor (TAM)Dual SRS Airbag.

JAKARTA, KOMPAS.com - Airbag merupakan salah satu fitur keselamatan tambahan yang ada pada kendaraan roda empat.

Airbag sendiri berbentuk kantung udara terlipat yang terletak di dalam setir, dasbor, kursi dan dinding bagian dalam pintu mobil. Fungsinya untuk meredam benturan dan mengurangi potensi cedera pengendara dan penumpang saat terjadi kecelakaan.

Meski komponen ini baru bekerja ketika terjadi benturan, pemilik mobil tetap wajib memperhatikan kondisinya. Hal ini penting untuk memastikan airbag siap bekerja saat dibutuhkan.

Baca juga: Doohan Sebut Wajar Jika RC213V Dirancang buat Marc Marquez

Kepala Bengkel Auto2000 Yos Sudarso Suparman mengatakan, pada dasarnya tidak ada perawatan khusus untuk airbag, karena termasuk dalam komponen statis dan standby yang dalam kondisi tertentu baru bekerja.

“Pengecekan bisa dilakukan dengan memantau indikator airbag yang tertera di instrumen cluster pada speedometer,” ujar Suparman kepada Kompas.com.

Airbag ditanam pada dashboard Sigra.KompasOtomotif-Donny Apriliananda Airbag ditanam pada dashboard Sigra.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Setidaknya ada empat hal yang harus diwaspadai untuk mengatahui gejala malfungsi SRS airbag. Menurut Suparman, jika salah satu kondisi ini terjadi bisa jadi merupakan pertanda bahwa SRS tidak berfungsi:

Baca juga: Honda Forza 750 Meluncur, Ini Spesifikasinya

- Lampu indikator airbag tetap menyala, dan tak kunjung padam.

- Lampu indikator airbag tidak akan menyala selama kurang lebih 10 detik saat kunci kontak berada di posisi on.

- Lampu indikator airbag menyala saat kendaraan sedang bergerak.

- Lampu berkedip saat mesin bekerja.

Jika kendaraan sudah menunjukan ciri-ciri tersebut, sebaiknya segera lakukan pemeriksaan pada komponen airbag di bengkel resmi. Sebab, jika dibiarkan kantung udara mungkin tidak mengembang dengan saat terjadi kecelakaan yang bisa berisiko meningkatkan cedera serius atau kematian.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X