Kaca Film Gelap Bisa Memengaruhi Sinyal Ponsel, Mitos atau Fakta?

Kompas.com - 14/10/2020, 10:12 WIB
Ilustrasi pemasangan kaca film antivirus dan antibakteri ICE-UIlustrasi pemasangan kaca film antivirus dan antibakteri

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebagian masyarakat pasti pernah mengalami gangguan sinyal telepon seluler (ponsel) tiba-tiba saat berkendara di dalam mobil.

Kondisi itu bisa saja terjadi ketika berada di basement atau dekat dengan menara pemancar yang juga memiliki frekuensi sinyal. Namun, ada yang beranggapan kaca film gelap bisa memengaruhi sinyal pada ponsel.

Faktanya, kadar gelap kaca film sama sekali tidak berpengaruh pada sinyal ponsel. Faktor yang bisa memengaruhi adalah bahan dasar dari kaca tersebut.

Baca juga: Bisakah Saling Tukar Oli Motor Matik dan Motor Manual?

“Faktanya, sinyal HP itu terpengaruh dari bahan kaca film, bukan dari tingkat kegelapan kaca film. Sinyal HP dan radio akan terpengaruh bila menggunakan kaca film berbahan logam,” ujar CEO Topcoat Indonesia Christopher Sebastian kepada Kompas.com.

proses pemasangan kaca filmKOMPAS.com/Aprida Mega Nanda proses pemasangan kaca film

Christopher menambahkan, sebaiknya menggunakan kaca film dengan kandungan logam di bawah 50 persen agar tidak mengganggu sinyal ponsel, seperti Masterpiece, O2, dan Signature. Sebab, produk tersebut diklaim bisa menahan sinar UV tanpa harus mengorbankan sinyal ponsel atau radio karena tidak menggunakan kaca film berbahan logam.

Baca juga: Kendaraan Darat Sumbang 90 Persen Polusi Udara, Ini Rencana Kemenhub

Selaras dengan Christopher, Martin dari salah satu diler Authorized 3M mengatakan, ada tiga jenis bahan dasar kaca film yang bisa memengaruhi sinyal, bukan berdasarkan tingkat kegelapan kaca film tersebut.

“Jadi kaca film itu biasanya ada tiga jenis bahan dasar, yaitu nano metal, nano carbon, dan nano ceramic. Nah, yang menghambat sinyal itu adalah berbahan dasar nano metal,” kata Martin.

Martin menjelaskan, biasanya kaca film yang berwarna silver menggunakan bahan dasar nano metal dan akan menghambat sinyal.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.