Jangan Asal Ubah Jok Motor, Pengaruh Kestabilan Motor

Kompas.com - 11/10/2020, 12:02 WIB
Jok Motor Relaxseat Modification Foto: IstimewaJok Motor Relaxseat Modification
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Memodifikasi sepeda motor terasa kurang jika tidak mengutak-atik jok atau tempat duduk. Namun sebaiknya tidak mengurangi kenyamanan mengedepankan keamanan.

Johannes Lucky, Safety Riding Departement Head PT Astra Honda Motor (AHM), mengatakan, memodifikasi jok akan mengubah ergonomi pengendara dan berpengaruh pada keseimbangan.

Contohnya jika jok terlalu tipis maka posisi berkendara akan berubah di bagian lutut, siku dan pandangan. Begitu pula sebaliknya, jika terlalu tebal membuat posisi pinggul akan lebih naik.

Baca juga: 3 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Mobil Lama Tak Dipakai

Ilustrasi jok motor yang sudah dimodifikasiIstimewa Ilustrasi jok motor yang sudah dimodifikasi

”Perubahan tersebut akan menyebabkan pengendara tidak nyaman, dan mudah lelah saat berkendara, serta dapat berdampak negatif pada kestabilan dan kenyamanan berkendara,” katanya dalam keterangan resmi, Minggu (11/10/2020).

Lucky mengatakan, pengaruh mengganti jok pada keseimbangan dan kestabilan cukup besar. Tidak disarankan memodifikasi jok bagian belakang dibuat lebih tinggi dari jok bagian depan.

"Hal ini menyebabkan tubuh pembonceng melebihi pengendara, dan tentu saja akan berdampak negatif terhadap aerodinamika kendaraan," tulisnya.

Baca juga: Sering Ganti Merek Oli Bisa Merusak Mesin, Mitos atau Fakta?

Kulit jok motor sobek TribunnewsBogor.com/Sachril Agustin Berutu Kulit jok motor sobek

Lucky mengatakan, sebenarnya jok dengan spesifikasi standar bawaan pabrik adalah yang paling sesuai untuk harian.

Hal ini karena jok sudah melewati proses standarisasi. Jok standar pabrik sudah melewati proses pengetesan dari beberapa aspek, mulai kenyamanan hingga sisi keselamatan.

"Ada beberapa catatan yang perlu diperhatikan. Terdapat beberapa poin yang akan berubah saat kita mengganti jok standar dengan model lain atau peranti modifikasi,” kata Lucky.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X