Apa Saja Perbedaan Toyota Fortuner Model Lama dengan Facelift?

Kompas.com - 09/10/2020, 08:12 WIB
Tampilan Toyota Fortuner varian Legender Dee Garage by UFO MotorsportTampilan Toyota Fortuner varian Legender

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota Fortuner terbaru dipastikan akan meluncur dalam waktu dekat. Ada beberapa ubahan yang diusung oleh Toyota pada Sport Utility Vehicle ( SUV) ladder frame tersebut.

“Iya (Fortuner) sekarang sedang kita persiapkan,” ujar Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy, kepada Kompas.com, Rabu (30/9/2020).

Baca juga: Resmi, Fortuner dan Innova Facelift Meluncur 15 Oktober 2020

Belum lama ini, brosur Fortuner facelift sudah beredar di media sosial. Dari foto-foto brosur tersebut, diketahui bahwa Fortuner facelift sudah memiliki Vehicle Stability Control (VSC) dan Hil Start Assist (HSA) untuk semua tipe.

Brosur Toyota Fortuner yang tersebar di media sosialInstagram/@b_channel_indonesia Brosur Toyota Fortuner yang tersebar di media sosial

Semua tipe Fortuner facelift juga sudah dilengkapi lampu depan LED dan foglamp LED. Begitu pula dengan lampu belakangnya sudah model baru. Sementara untuk fitur 7 airbag hanya terdapat di varian 4x4 (VRZ dan G).

Untuk sistem hiburan, Toyota membekali Fottuner facelift dengan head unit dengan layar 9 inci, untuk varian VRZ, SRZ, dan TRD Sportivo. Head unit ini sudah memiliki fungsi NFC untuk membaca saldo kartu prabayar, seperti milik Corolla Cross.

Baca juga: Toyota Kijang Innova dan Fortuner Baru Launching Bareng Bulan Ini?

Khusus varian VRZ, SRZ, dan TRD Sportivo juga telah memiliki power tailgate with kick sensor. Sebelumnya, fitur ini hanya bisa ditemukan di varian TRD Sportivo.

Fitur keamanan Toyota Safety Sense (TSS) masih absen di Fortuner facelift varian TRD Soortivo dan VRZ 4x4. Namun, kedua varian tersebut sudah disematkan kamera 360 derajat, Blind Spot Detection, Lane Departure Warning, Moving Object Detection, dan Headway Monitoring Warning, serta wireless charging.

Pilihan varian dari Fortuner facelift masih sama seperti pada model sebelumnya. Untuk varian 4x2, terdiri dari tipe 2.4 G MT, 2.4 G AT, 2.4 VRZ AT, 2.7 SRZ AT, 2.4 TRD AT, dan 2.7 TRD AT. Sementara varian 4x4, dengan tipe 2.4 VRZ AT dan 2.4 G AT.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

Postingan ini bertujuan untuk menjawab semua pertanyaan netizen tentang Fortuner facelift, dari semua pertanyaan ini saya mau bilang kalau tipe-tipe Fortuner facelift spek Indonesia masih sama seperti sebelumnya: 4x2: 2.4 G MT, 2.4 G AT, 2.4 VRZ AT, 2.7 SRZ AT, 2.4 TRD AT, 2.7 TRD AT 4x4: 2.4 VRZ AT, 2.4 G AT Dan untuk fitur safetynya juga jauh lebih baik loh, walau belum ada Toyota Safety Sense tapi setidaknya VSC dan HSA tersedia di SEMUA TIPE sedangkan 7 airbag ada di tipe 4x4 (VRZ dan G), lebih lengkapnya bisa liat brosur ini sampai slide terakhir. Oh ya, kabarnya walau baru launching (awal Oktober depan) tapi Fortuner facelift sudah dapat diskon 2 digit, dan infonya, kenaikan harganya di kisaran 13 jutaan rupiah untuk semua tipe... #newfortuner #toyotafortuner

A post shared by Indra Radian Fathan (@indra_fathan) on Sep 29, 2020 at 2:32am PDT

Tampilan eksteriornya sekilas cukup mirip dengan Fortuner yang meluncur di Thailand dan Vietnam. Namun, untuk varian Legender cukup diragukan untuk dipasarkan di sini.

Sebab, Fortuner 2.8 Legender AT 4WD adalah varian tertinggi Fortuner facelift yang meluncur di Thailand. Model ini dijejali mesin diesel baru 2.800 cc yang bertenaga 201 tk dan torsi maksimal 500 Nm.

Baca juga: Lebih Gagah dan Mewah, Bikin Tampang Fortuner Lawas Jadi Legender

Harganya sendiri mencapai 1.839.000 baht atau tembus Rp 820 jutaan. Jika melihat perbedaan harga dengan Fortuner yang dipasarkan sekarang cukup jauh selisihnya.

Fortuner di Indonesia saat ini dibanderol mulai Rp 492,950 juta (tipe 4x2 2.4 G MT Diesel) sampai Rp 685,050 juta (tipe 4x4 VRZ AT Diesel).



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X