Jangan Lakukan Ini, Memegang Setang Motor dengan Tangan Terbalik

Kompas.com - 08/10/2020, 18:41 WIB
Naik motor tangan dibalik hipwee.comNaik motor tangan dibalik

JAKARTA, KOMPAS.com – Ketika sedang mengendarai motor di jalan, sering melihat kejadian yang unik, misalnya seperti rider motor yang cara membawa motornya dengan tangan terbalik. Cara ini biasanya dilakukan oleh wanita.

Founder & Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting, Jusri Pulubuhu mengatakan, fenomena berkendara dengan tangan dibalik ini sudah terjadi sejak lama.

“Alasannya mereka supaya warna kulit tangan yang bagian bawah sama dengan yang atas, jadi tidak belang,” ucap Jusri kepada Kompas.com, Rabu (7/10/2020).

Baca juga: Toyota Kijang Innova Terbaru Hadir Duluan di Vietnam

Cara menggenggam kemudi yang salah Facebook Moko Al Juasof Cara menggenggam kemudi yang salah

Jusri mengatakan, cara ini merupakan postur berkendara yang tidak umum. Ketika melakukan hal ini sebenarnya berbahaya dilakukan di jalanan. Karena akan mudah kehilangan kendali atau keseimbangan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Jika membalik tangan saat berkendara, akan sangat rentan dengan keseimbangan karena ruang geraknya yang terbatas saat harus melakukan manuver,” kata Jusri.

Head of Safety Riding Wahana, Agus Sani mengatakan, cara berkendara seperti itu juga membuat genggaman pengendara ke setang menjadi tidak maksimal.

Baca juga: Ini Cara Optimal Mobil Transmisi Otomatis Lewati Tanjakan

“Jika tangan dibalik, ketika motor masuk ke lubang, pegangan ke setang akan mudah terlepas,” ucap Agus kepada Kompas.com, belum lama ini.

Selain pegangan ke setang yang lemah, cara berkendara seperti ini juga mempersulit pengereman. Saat ingin menarik tuas rem, khawatir gas malah semakin terbuka dan bertambah, hal ini yang membahayakan jika terjadi di jalanan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.