Ini Cara Optimal Mobil Transmisi Otomatis Lewati Tanjakan

Kompas.com - 07/10/2020, 19:21 WIB
Transmisi Otomatis Xpander Stanly/KompasOtomotifTransmisi Otomatis Xpander
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Pengetahuan yang terbatas terkait mengemudi bersama mobil transmisi otomatis kerap kali membuat persoalan tersendiri, baik bagi pengemudi terkait maupun pengguna jalan lainnya.

Pada kasus tertentu bahkan hal ini merugikan banyak pihak, seperti saat mobil hendak melewati tanjakkan atau kontur jalan lebih tinggi.

"Menggunakan mobil bertransmisi otomatis di dalam kota mungkin tidak banyak permasalahan karena jalanan cenderung tak banyak hambatan. Tapi saat dibawa ke luar kota, rasanya tentu akan berbeda," kata Training Department Section Head PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Aji Prima Barus belum lama ini.

Baca juga: Ini Penyebab Terjadinya Banyak Kasus Moge Terbakar

Ilustrasi lalu lintas macet KOMPAS IMAGES / RODERICK ADRIAN MOZES Ilustrasi lalu lintas macet

Guna memaksimalkan kinerja mesin, kata Aji, pada kondisi tersebut pengemudi disarankan untuk menurunkan kecepatan lalu memindahkan tuas ke posisi 2 atau L dengan memaksimalkan putaran mesin yang tinggi atau RPM.

"Ini kami rekomendasikan apalagi kalau tanjakan ekstrim," ujar dia.

Sedangkan untuk kondisi jalan yang menurun atau turunan, disarankan juga menggunakan gigi rendah. Asuminya, agar engine break aktif untuk membantu sistem pengereman.

"Kemudian, jika mobil terpaksa berhenti karena lampu merah, pindahkan tuas transmisi ke mode N dengan posisi kaki tetap menginjak rem . Karena kalau di mode P, ketika mobil ingin dijalankan (menurunkan tuas), ada kemungkinan malah mundur (ke-R)," ucap Aji.

Ilustrasi suasana lalu lintas di Kuala Lumpurmobilmo.com Ilustrasi suasana lalu lintas di Kuala Lumpur

Selain itu tips dan trik melewati beragam kontur jalan yang kompleks saat perjalanan jarak jauh, Aji Prima juga membagikan tips menghemat pemakaian bahan bakar pada mobil matik.

Caranya, kata dia, berupaya menjaga kestabilan kecepatan dengan RPM 2.000 - 3.000 pasa mode D. Kalau pun sesekali perlu menambah kecepatan, pastikan pedal gas diinjak secara halus.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X