Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Buat Referensi, Ini Modifikasi Yamaha SR500 Bergaya Street Tracker

Kompas.com - 03/10/2020, 13:42 WIB
Gilang Satria,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

STOCKHOLM, KOMPAS.com - Dunia custom maju pesat di Swedia beberapa tahun terakhir. Banyak bengkel baru yang bermunculan dan menghasilkan karya yang tidak bisa dianggap sebelah mata.

Salah satunya ialah Yamaha SR500 bergaya street tracker karya 6/5/4 Motors. Motor ini simpel, tidak terlalu besar dan banyak ornamen. Selain itu yang paling penting enak buat dipakai harian.

Rasmus Steyner Randén punggawa 6/5/4 Motors memang sengaja membangun motor ini supaya enak diajak jalan-jalan. Dia terinspirasi dari jalanan di Swedia yang makin macet karena kendaraan.

Baca juga: Tren Modifikasi JDM di Bus, Pasang Winglet di Bumper Depan

Yamaha SR500 Street Tracker Foto: Bikeexif Yamaha SR500 Street Tracker

Ubahan pertama ialah mengubah subframe. Rasmus memakai jurus diet ketat agar motor terlihat makin langsing.

Pertama rangka belakang dipotong agar mendapat proporsi motor yang diinginkan. Kemudian tangki juga lebih slim diambil dari Yamaha FS1 1979 yang dibentuk ulang.

Menyambung ke belakang jok dibuat sangat tipis. Di ujungnya diberikan rak kecil yang juga sebagai pegangan lampu sein. Adapun sepatbor depan belakang pakai alumunium tanpa cat biar terkesan raw.

Baca juga: Modifikasi Vespa S 150 Gading Marten, Elegan dan Bertenaga

Yamaha SR500 Street Tracker Foto: Bikeexif Yamaha SR500 Street Tracker

Kaki-kaki tak luput dari sentuhan. Suspensi depan standar tapi pernya pakai Wirth, sedangkan suspensi belakang besutan YSS. Pelek depan belakang pakai Takasago 18 inci berpadu teromol depan belakang dari Honda CL450 untuk alasan estetika.

Mesin dibangun ulang. Silindernya pakai Nikasil diisi piston keluaran Wiseco. Agar napasnya lebih panjang karburator pakai Mikuni VM36 dibalut filter K&N. Gas bauang pakai knalpot spesialis Italia SC Project.

Sentuhan akhir ialah cat. Agar centil Rasmus mendandani motornya motornya dengan warna mencolok. Rangka dicat warna biru muda, sedangkan rangka warna orange disisipi tulisan Candy. Sekilas skema warna ini seperti Gulf.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com