Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Serupa tapi Tak Sama, Berikut Deretan Mobil Kembar di Indonesia

JAKARTA, KOMPAS.com - Kerap dijumpai beberapa varian mobil dari brand tertentu yang terkadang tampak mirip dengan varian dari brand lain.

Itu bukanlah suatu hal yang baru di dunia otomotif. Memang, kerja sama antara pabrikan otomotif acapkali terjadi dalam memproduksi varian tertentu dengan berbagai tujuan.

Seperti penyempurnaan teknologi yang dimiliki masing-masing pabrikan, untuk berbagi pasar, menekan biaya produksi dan lainnya.

Contoh mudahnya adalah Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia. Meski terlihat sama alias identik di berbagai sektor, tetap saja memiliki beberapa perbedaan baik dari eksterior, interior, serta desain.

Berikut daftar pasangan mobil kembar yang ada di Indonesia:

1. Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia

Meski sudah cukup banyak pesaing yang lebih baik di rentang harga Rp 200 jutaan, namun rasanya masih sulit untuk menggeser kedua mobil tersebut.

Saat ini keduanya tengah memasuki generasi yang kedua. Sebelum facelift 2019, cukup banyak perbedaan kedua mobil ini, mulai dari desain depan, belakang, dan fiturnya.

Namun untuk versi 2019, bagian eksterior seperti tidak ada bedanya, kecuali pada bagian velg. Bicara soal fitur, Toyota Avanza lebih lengkap sebab mulai varian 1.3 Veloz sudah dilengkapi dengan fitur Smart Key.

2. Daihatsu Terios dan Toyota Rush

Mobil ini dilengkapi dapur pacu berkode 3SZ-VE 1.500 cc DOHC 16 Valve VVT-i bertenaga 109 Hp pada 5.500 rpm dan torsi puncaknya mencapai 145 Nm pada 4.000 rpm.

Kedua mobil ini pun dibanderol dengan harga yang hampir sama yaitu dikisaran Rp 200 jutaan sampai Rp 250 jutaan.

3. Mitsubishi Xpander dan Nissan Livina

Namun ada beberapa perbedaan dari Mitsubishi Xpander dan Nissan Livina, dari desain depan Nissan menggunakan V-Motion dan Mitsubishi menggunakan Dynamic Shield.

Desain velg, bentuk LED lampu rem, serta detail-detail seperti fog lamp, diffuser belakang, dan garis pintu juga berbeda. Livina terlihat lebih kalem, sedangkan Xpander lebih agresif. Dari segi harga, keduanya dibanderol dengan dikisaran Rp 200 sampai 250 jutaan.

4. Toyota Agya dan Daihatsu Ayla

Selain itu, sistem ABS hanya terdapat di Toyota Agya, sedangkan Daihatsu Ayla belum disematkan sistem tersebut.

Kedua mobil ini berada di rentang harga Rp 90 jutaan sampai Rp 140 jutaan.

5. Daihatsu Sigra dan Toyota Calya

Perbedaan mencolok terdapat pada posisi Fog Lamp Calya lebih naik dibandingkan Sigra, serta beda bentuk grill depan.

Kedua mobil ini dibanderol dengan rentang harga Rp150 jutaan untuk varian tertingginya. Tergolong murah bukan?

6. Suzuki APV dan Mitsubishi Maven

Mitsubishi Maven adalah sebuah MPV yang dijual oleh pabrikan otomotif Jepang Mitsubishi Motors di Indonesia sejak 15 September 2005.

Bekerjasama dengan Suzuki Indonesia, Maven merupakan penamaan ulang dari Suzuki APV dengan sedikit perubahan eksterior dan mesin. Keduanya menggunakan mesin bensin 1.5L 4G15 4 silinder segaris injeksi bertenaga 86 Hp pada 5.500 rpm.

Sayangnya, produk yang ditawarkan Mitsubishi ini kurang diterima pasar sehingga pada tahun 2011 harus dihentikan penjualannya yang menyisakan 18 unit yang terdistribusi.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/10/04/092100515/serupa-tapi-tak-sama-berikut-deretan-mobil-kembar-di-indonesia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke