Tren Mobil Listrik di Indonesia, Tahun 2020 Baru Terjual Ratusan Unit

Kompas.com - 27/09/2020, 15:21 WIB
Tes drive Hyundai Ioniq Kompas.comTes drive Hyundai Ioniq
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Kementerian Perhubungan ( Kemenhub) telah mengeluarkan 2.278 surat sertifikasi uji tipe ( SRUT) untuk kendaraan berbasis listrik sampai September 2020.

Dari jumlah tersebut, SRUT untuk kendaraan berbasis listrik beroda empat mencapai 229 unit. Sementara untuk surat uji tipe (SUT) sebanyak 29 unit.

Menurut Kepala Seksi Sertifikasi pada Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Jabo Nur Utip, SRUT adalah sertifikasi yang diberikan kepada kendaraan yang siap digunakan di jalan.

Baca juga: Hasil Kualifikasi MotoGP Catalunya, Rossi Start Urutan Ketiga

Kendaraan listrik Hyundai Ioniq tengah melakukan pengisian daya di SPKLUKompas.com Kendaraan listrik Hyundai Ioniq tengah melakukan pengisian daya di SPKLU

Sedangkan SUT adalah pengujian terhadap fisik kendaraan bermotor atau penelitian terhadap rancang bangun dan rekayasa kendaraan bermotor sebelum diproduksi atau dirakit atau diimpor secara massal.

“SRUT diperlukan sebagai salah satu syarat kendaraan mendapatkan STNK (surat tanda nomor kendaraan bermotor),” ucap Jabo, kepada Kompas.com belum lama ini.

“Setelah mendapatkan SUT, model mobil listrik mereka baru bisa diproduksi, atau diimpor,” katanya.

Baca juga: Modal Rp 1 Jutaan, Xpander Makin Sporty dengan Body Kit Asal Thailand

SPKLU Tesla di Mall Pacific PlaceKOMPAS.com/Aprida Mega Nanda SPKLU Tesla di Mall Pacific Place

Beberapa merek yang telah mendaftarkan mobil listrik dan mendapatkan SRUT di antaranya, ARRTU, Tesla, BYD, Mitsubishi, dan Hyundai.

Sementara jika berkaca dari data wholesales Gaikindo, sejak tahun lalu rupanya sudah ada mobil listrik yang terjual. Yaitu Mitsubishi Outlander PHEV sebanyak 20 unit pada sepanjang 2019.

Kemudian pada periode Januari hingga Agustus 2020, terlihat ada peningkatan. Pada tahun ini terdapat Outlander PHEV yang terdistribusi dari pabrik ke diler sekitar 5 unit, dan Hyundai Ioniq EV sebanyak 22 unit.

Baca juga: Honda Kenalkan CR-V PHEV, Konsumsi BBM Diklaim 90 Km per Liter

Mitsubishi Outlander PHEV saat dicoba di Bali (4-6 Februari 2020)Kompas.com - AFH Mitsubishi Outlander PHEV saat dicoba di Bali (4-6 Februari 2020)

Artinya, secara total mobil listrik berdasarkan data Gaikindo pada Januari-Agustus 2020 baru mencapai 27 unit, berselisih 202 unit dengan data SRUT dari Kemenhub.

Berikut ini kendaraan berbasis listrik dengan roda empat yang telah mendapatkan SRUT sampai September 2020:

- ARRTU Batik A/T 100 unit
- Tesla S 75D (4x4) A/T 1 unit
- Tesla X P100D (4x4) A/T 4 unit
- Tesla X 75D (4x4) 5 unit
- BYD MPV (4x2) A/T 25 unit (warna biru)
- BYD K9 Bus A/T 1 unit
- BYD C6 Bus A/T 1 unit
- Mitsubishi Outlander 2.4L PHEV Ultimate (4x4) A/T 26 unit
- Hyundai Ioniq EV 4x2 A/T 22 unit (warna biru)
- Tesla Model X (4x4) A/T 2 unit
- BYD MPV (4x2) A/T 2 unit (warna hitam)
- Hyundai Kona 2.0 EV (4x2) A/T 1 unit
- Hyundai Ioniq EV (4x2) A/T 1 unit (warna putih)
- Tesla Model 3 (4x4) A/T Standard Plus 38 unit



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X