Modifikasi Ringan Ini Ubah Motor Trail jadi Supermoto

Kompas.com - 26/09/2020, 09:02 WIB
Modifikasi Yamaha WR 155R Supermoto Foto: IstimewaModifikasi Yamaha WR 155R Supermoto

JAKARTA, KOMPAS.com - Pilihan motor trail di kelas 150 cc semakin beragam sekarang ini. Tak sedikit yang mengendarainya untuk aktivitas sehari-hari, karena dirasa cocok dengan karakter jalan Indonesia yang jarang rata.

Namun, untuk penggunaan di aspal, akan lebih baik jika diubah menjadi gaya supermoto. Sehingga, tak hanya tampilannya yang berubah, tapi handling juga meningkat.

Baca juga: Kenapa Ban Depan Motor Trail Lebih Besar daripada Ban Belakang?

Lerry Rahmat Rizky, penggawa Caos Custom Bike di bilangan Pancoran, Jakarta Selatan, mengatakan, ciri khas supermoto adalah menggunakan ban aspal atau on-road tire. Ubahan ini selain membuat tampilannya menjadi lebih gahar, tapi tetap andal di aspal.

Honda CRF150L Dimodifikasi Bergaya Supermotodok.DAM Honda CRF150L Dimodifikasi Bergaya Supermoto

Ubahan paling mendasar dalam mengubah motor trail menjadi supermoto ada di kaki-kakinya. Motor trail pada umumnya menggunakan ban berukuran ring 21 untuk depan dan ring 18 untuk belakang.

Sementara pada motor supermoto, diameter ban yang digunakan biasanya ring 17, untuk depan dan belakang.

Baca juga: Pilihan Motor Trail dan Adventure September 2020

Motor supermoto juga identik dengan profil ban yang lebar. Untuk itu, ada baiknya menggunakan pelek depan dengan lebar 3 inci dan pelek belakang 3,5 - 4 inci. Sementara untuk bannya, bisa pasang ban depan ukuran 120/70-17 dan belakang ukuran 140/70-17 atau 150/55-17.

"Semakin terlihat lebar sebenarnya semakin sangar juga kelihatannya, tapi jangan berlebihan. Perhatikan juga kapasitas mesin. Semakin besar ban, tentu mesin harus kerja lebih keras lagi untuk bikin ban berputar," kata Lerry.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X