Mitos atau Fakta, Motor Terobos Banjir Bikin Rem Berdecit?

Kompas.com - 24/09/2020, 13:41 WIB
Pengendara motor menerobos banjir di Pulomas, Jakarta Timur, Minggu (23/2/2020). Curah hujan yang tinggi dan kualitas drainase yang buruk membuat daerah tersebut terendam banjir. ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah/foc. Fakhri HermansyahPengendara motor menerobos banjir di Pulomas, Jakarta Timur, Minggu (23/2/2020). Curah hujan yang tinggi dan kualitas drainase yang buruk membuat daerah tersebut terendam banjir. ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah/foc.
|

JAKARTA, KOMPAS.comHujan yang turun di Jakarta dan sekitarnya dalam beberapa hari terakhir kadang menimbulkan genangan air di beberapa titik. Sejumlah pengendara motor pun terpaksa melewati banjir demi mencapai tujuan.

Usai menerjang genangan, tak sedikit pengendara yang mengeluhkan timbul suara berdecit dari bagian rem.

Suara berdecit memang tak sampai menghambat laju motor, tapi suara bisingnya tentu mengganggu aktivitas berkendara.

Baca juga: Mitos atau Fakta, Saat Hujan Tak Boleh Mengerem Pakai Rem Depan?

Jas hujan poncoFoto: GridOto.com Jas hujan ponco

Asep Suherman, Kepala Bengkel Honda AHASS Daya Motor Cibinong, Sawangan, dan Megamendung, mengatakan, suara berdecit kerap timbul pada sistem pengereman yang basah.

“Bunyi berdecit biasanya muncul karena ada kotoran di kampas rem,” ujar Asep, kepada Kompas.com belum lama ini.

“Masalah ini kerap muncul karena air yang masuk ke area kampas mengandung kotoran, biasanya sering terjadi di motor dengan rem tromol,” katanya.

Baca juga: Pilihan Motor Bebek Murah Harga Rp 16 Jutaan

Ilustrasi rem tromol pada sepeda motorWeLoveHonda Ilustrasi rem tromol pada sepeda motor

Menurut Asep, saat kampas rem menggigit permukaan tromol, kotoran yang masuk terperangkap dan tak bisa keluar.

Sisa kotoran inilah yang terperangkap dan menggumpal di dalam tromol. Kotoran ini terus berakumulasi setiap terkena air dan menimbulkan bunyi berdecit sewaktu rem aktif.

“Untuk menghilangkan bunyi cukup membersihkan tromol dengan disikat sampai bersih. Pakai sabun lebih bagus, rem jadi lebih pakem,” ucap Asep.

“Soalnya kotoran yang menutupi pori-pori kampas rem hilang, kampas pun jadi lebih menggigit permukaan tromol,” tuturnya.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X