Sudah Tengah Musim, Dovizioso Baru Fokus Kejar Kampiun Dunia

Kompas.com - 24/09/2020, 09:22 WIB
Racing suit Andrea Dovizioso Foto: MotoGP on BT Sports/TwitterRacing suit Andrea Dovizioso

CATALUNYA, KOMPAS.com - MotoGP 2020 sudah memasuki tengah musim, Andrea Dovizioso mengatakan jika dia ingin meraih juara dunia tahun.

Kelanjutan karir pebalap Italia yang belum pasti ini, sepertinya membuat Dovi terbebani banyak pikiran. Meski mengaku hanya kelakar, tapi tulisan "unemployed" pada baju balap Dovi pada balapan terakhir di Misano, Italia, menjadi pesan tersurat dari sang pebalap.

Kini, Dovi mengaku sudah tidak bisa membuang-buang waktu lagi dan fokus mengejar kampiun sekaligus gelar juara dunia MotoGP 2020.

Saat ini Dovi berada di puncak klasemen dengan 84 poin. Tapi posisinya rentan karena hanya selisih satu poin dari Fabio Quartararo dan Maverick Vinales di tempat kedua dan ketiga.

Bahkan sebetulnya ada sekitar delapan pebalap dengan selisih hanya 25 poin. Membuat posisi siapapun di rentang itu belum ada yang aman karena jaraknya sangat dekat.

Baca juga: Jadwal MotoGP Catalunya Akhir Pekan ini, Dovi Masih Pimpin Klasemen

Dari kiri ke kanan, Joan Mir, Maverick Vinales, dan Pol Espargaro di podium MotoGP Emilia Romagna 2020.AFP/ANDREAS SOLARO Dari kiri ke kanan, Joan Mir, Maverick Vinales, dan Pol Espargaro di podium MotoGP Emilia Romagna 2020.

Jelang GP Catalunya, Spanyol akhir pekan ini, Minggu (27/9/2020), Dovi mengatakan harus berusaha sebaik-baiknya dan tidak bisa membuang kesempatan yang ada.

"Sayang saya kurang kompetitif di dua seri sebelumnya. Tapi coba lihat sisi positif dari dua seri di Misano. Saya memimpin kejuaraan, meski pertarungan ini masih terbuka. Saya masih cepat dan siap bertarung untuk gelar juara, saya tidak bisa membuang waktu lagi," katanya mengutip GPOne, Rabu (23/9/2020).

Baca juga: Banyak yang Meragukan, Vinales Tetap Percaya Diri

Catatan Dovi cukup bagus di GP Catalunya. Musim 2017 dia berhasil jadi juara. Tapi untuk balapan besok Dovi tidak mau sessumbar sebab masih bermasalah dengan grip ban.

Andrea Dovizioso saat berlaga di MotoGP Emilia Romagna. (Photo by ANDREAS SOLARO / AFP)ANDREAS SOLARO Andrea Dovizioso saat berlaga di MotoGP Emilia Romagna. (Photo by ANDREAS SOLARO / AFP)

Di dua seri Misano sebelumnya, Dovi mengeluhkan grip ban yang liar. Hal itu membuatnya kurang percaya diri buat tampil maksimal. Sedangkan di Catalunya Dovi menyebut aspalnya lebih licin dari Misano.

"Saya harus adaptasi dengan aspal Montmelo, yang mana punya grip tidak sebesar di Misano, ini akan jadi pembuktian dan faktor untuk semuanya. Saya yakin jika kami meneruskan pekerjaan yang kami lakukan beberapa pekan terakhir, hasil yang lebih baik akan datang," katanya.

Baca tentang


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X