Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penjualan Mobil Murah Minus 61 Persen, Sigra Berhasil Kuasai Pasar

Kompas.com - 24/09/2020, 07:22 WIB
Ruly Kurniawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Penjualan mobil hemat energi dan harga terjangkau (KBH2) alias low cost green car (LCGC) pada Agustus 2020 berhasil mengalami lonjakkan signifikan dari bulan sebelumnya, meskipun kondisi pasar mulai menatap resesi ekonomi.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), distribusi LCGC dari pabrik ke diler atau wholesales selama periode tersebut mencapai 6.481 unit, naik 136 persen dibandingkan Juli 2020.

Namun, capaian penjualan ini tetap masih menciptakan jurang pemisah yang curam di dibandingkan bulan yang sama tahun sebelumnya. Penjualan pada Agustus 2019 atau sebelum pandemi Covid-19, mencapai 16.917 unit, artinya ada minus 61,6 persen.

Baca juga: Indonesia Memiliki Potensi Jadi Pemain Besar Industri Otomotif

Daihatsu Ayla, Honda Brio, dan Toyota Agya adalah para pemain di segmen LCGCRianto Prasetyo/GridOto.com Daihatsu Ayla, Honda Brio, dan Toyota Agya adalah para pemain di segmen LCGC

Menariknya, dari hasil penjualan ini Daihatsu Sigra berhasil menduduki peringkat teratas dan menyalip penjualan Honda Brio Satya yang jadi LCGC terlaris di Juli 2020 dengan torehan 2.136 unit.

Lalu di posisi kedua ada Daihatsu Ayla dengan jumlah distribusi 1.294 unit, meningkat 201 persen dibandingkan bulan sebelumnya 429 unit.

Tepat berada di bawahnya ada Brio Satya dengan penjualan sebanyak 1.158 unit, naik 2 persen secara bulanan. Kendati demikian, torehan mereka masih cukup jauh dibanding periode yang sama tahun lalu.

Baca juga: Mobil Terlaris Agustus 2020, Nissan Geser Daihatsu dan Mitsubishi

Berikut daftar LCGC terlaris selama Agustus 2020:

Daihatsu Sigra 2.136 unit
Daihatsu Ayla 1.294 unit
Honda Brio Satya 1.158 unit
Toyota Calya 978 unit
Toyota Agya 809 unit
Suzuki Karimun Wagon R 106 unit

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com