Mitos atau Fakta, Setelah Kena Air Hujan Mobil Harus Langsung Dicuci?

Kompas.com - 23/09/2020, 10:12 WIB
Cuci mobil semi manual KOMPAS.com/GilangCuci mobil semi manual
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Memasuki musim hujan, biasanya mobil jadi lebih cepat kotor dari biasanya. Tak jarang pemilik akan malas mencuci dan membiarkannya selama beberapa hari.

Padahal jika dibiarkan, bakal ada efek jangka panjang pada bodi mobil. Minimal cat mobil bakal tak secemerlang dulu.

Mencuci mobil usai terkena hujan pun jadi jawaban atas masalah ini. Tapi benarkan setelah kena hujan mobil harus langsung dicuci?

Baca juga: Daftar Skutik Bekas di Balai Lelang, Yamaha Aerox Cuma Rp 9,5 Juta

Ilustrasi berkendara saat hujan.Larmoyeux & Bone Ilustrasi berkendara saat hujan.

Christopher Sebastian, CEO Makko Group, mengatakan, mobil yang terkena hujan ternyata tak harus langsung dicuci.

Tapi yang wajib dilakukan menurutnya adalah dengan membilas mobil yang baru saja terkena hujan, cara ini dinilai sudah cukup untuk membersihkan kotoran pada mobil.

Christopher juga mengatakan, membilas mobil dari air hujan dapat mencegah timbulnya jamur yang bisa merusak lapisan cat mobil.

Baca juga: Ini 10 Mobil Bekas Rp 50 Jutaan di Balai Lelang

Cuci mobil bagian kolong dengan hidrolik Cuci mobil bagian kolong dengan hidrolik

Menurutnya, air hujan mengandung zat asam yang kurang bersahabat dengan bodi maupun bagian kaca mobil.

“Ketika sampai di rumah, mobil sebaiknya langsung dibilas menggunakan air biasa dan lap sampai benar-benar kering,” ujar Christopher, kepada Kompas.com belum lama ini.

“Intinya jangan sampai mengering sendiri dan didiamkan dalam waktu berhari-hari. Kondisi seperti itu menjadikan kaca mobil cepat berjamur dan warna cat mobil menjadi kusam,” katanya.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X