Visor Transitions, Solusi Kaca Helm Siang dan Malam

Kompas.com - 21/09/2020, 19:41 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Meski sederhana warna visor helm bisa mempengaruhi penglihatan. Karena itu produsen helm bisanya menyediakan berbagai warna visor, mulai bening, smoked sampai iridium.

Pegiat komunitas pencinta helm Belajar Helm, Ahmad M mengatakan, masing-masing jenis visor memiliki keunggulannya masing-masing, tergantung dari keperluannya.

Baca juga: Motor Jack Miller Mogok Karena Kemasukan Lapisan Kaca Helm Quartararo

Visor helm transitions Shoei Visor helm transitions Shoei

Visor bening bagus dipakai bagi pengendara yang punya pandangan agak terganggu,” ucap Ahmad kepada Kompas.com, Sabtu (8/8/2020).

Visor bening memiliki pandangan yang jelas baik siang maupun gelap. Tapi kekuraangannya pengendara akan silau saat dipakai siang hari.

“Visor smoked masih enak bagi mata yang tergolong normal. Adem dipakai saat siang, malam pun masih agak terang. Begitu juga dengan visor iridium, tetapi lebih baik dalam mereduksi paparan sinar matahari langsung,” katanya.

Baca juga: Kasus Quartararo yang Gagal Podium, Ini Kata Mantan Pebalap Moto2

Cuci visor helmokezone.com Cuci visor helm

Tapi kini ada solusi yang lebih mudah yaitu mennggunakan visor transitions. Visor pintar ini seperti kacamata bisa menyesuaikan cahaya. Jika terang dia akan gelap dan sebaliknya, jika gelap dia akan jadi bening.

"Enak pakai transitions. Cuma saat ini yang menyediakan baru merek-merek mahal. Shoei salah satunya. Harganya juga lebih mahal. Kemudian juga belum bisa dipakai di banyak model," kata Ahmad.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.