3 Ancaman buat Pengendara Sepeda Motor di Jalan Raya

Kompas.com - 18/09/2020, 17:41 WIB
Touring Honda PCX di Bali Aloysius Gonsaga AE/Kompas.comTouring Honda PCX di Bali

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak masyarakat yang memilih menggunakan sepeda motor untuk aktivitas sehari-hari. Apalagi di saat pandemi seperti ini, tak sedikit yang memilih untuk menggunakan motor daripada berkerumun di dalam angkutan umum.

Ada beberapa faktor yang bisa menjadi penyebab kecelakaan saat sedang berkendara. Mulai dari faktor manusia, faktor kendaraan, dan faktor lingkungan.

Baca juga: Cuaca Hujan, Ingat Jarak Aman Berkendara Minimal 5 Detik

Dari ketiga faktor tersebut, faktor manusia merupakan faktor terbesar yang dapat menjadi penyebab suatu kecelakaan.

Astra Honda Motor Safety Riding and Training Center (AHMSRTC), fasilitas pelatihan berkendara terbesar se-Asia TenggaraIstimewa Astra Honda Motor Safety Riding and Training Center (AHMSRTC), fasilitas pelatihan berkendara terbesar se-Asia Tenggara

Ludhy Kusuma, Safety Riding Development Section Head PT Daya Adicipta Motora (DAM), mengatakan, pada dasarnya ada beberapa tahapan penting yang harus dilakukan oleh manusia ketika sedang berkendara, yaitu menganalisa situasi, mengambil keputusan, dan mengoperasikan kendaraan dengan baik.

"Satu kesalahan saja dapat menjadi penyebab besar akan terjadinya kecelakaan,” ujar Ludhy, dalam keterangan resminya.

Ludhy menambahkan, untuk menghindari dan meminimalisasi kecelakaan, sebagai pengendara harus pandai memprediksi suatu bahaya di jalan raya. Sehingga, analisa situasi akan lebih tepat dalam mengambil keputusan.

Baca juga: Berkendara Tanpa Masker Saat PSBB Didenda Rp 1 Juta

Keadaan jalan raya di Indonesia, khususnya di kota-kota besar, sangatlah padat. Ada banyak kemungkinan yang dapat menjadi suatu bahaya bagi para pengendara.

1. Faktor Manusia

Di jalan raya, terdapat pengendara dengan berbagai macam background dan perilaku yang berbeda juga dapat menjadi potensi bahaya.

“Keadaan emosional dan teknik berkendara pun sangatlah beragam sehingga salah satu caranya adalah menjaga jarak aman dengan pengendara yang lain dan tidak mengikuti pengendara yang terlihat ugal-ugalan di jalan raya,” kata Ludhy.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X