Nissan Kenalkan Z Proto, Penantang Toyota Supra dan Honda NSX

Kompas.com - 17/09/2020, 08:02 WIB
Nissan Z Proto resmi dikenalkan pada khalayak, Rabu (16/9/2020). Nissan GlobalNissan Z Proto resmi dikenalkan pada khalayak, Rabu (16/9/2020).

JAKARTA, KOMPAS.comNissan akhirnya membuka selubung sport car terbaru yang mengusung nama Z Proto. ‘Proto’ sendiri berarti Prototipe, yang menandakan bahwa mobil ini belum diproduksi massal dan dijual secara bebas.

Pertama kali hadir dalam video singkat berjudul “Nissan Next: From A to Z” yang dirilis sekitar Mei 2020. Nissan Z Proto diplot menjadi pewaris keluarga sedan Z yang telah berusia 50 tahun.

CEO Nissan Makoto Uchida, mengatakan, Z Proto akan menjadi mobil sport murni yang mewakili semangat Nissan dalam membangun.

Baca juga: Memanaskan Mesin Mobil yang Tak Dipakai Selama PSBB Harus Setiap Hari?

Nissan Z ProtoNissan Global Nissan Z Proto

“Ini adalah model kunci dalam rencana transformasi Nissan NEXT kami, dan ini adalah bukti kemampuan kami untuk melakukan apa yang tidak berani dilakukan orang lain,” ujar Uchida, dalam keterangan resmi (16/9/2020).

Nissan Z Proto dibuat dan dikembangkan oleh tim desain di Jepang, dengan menawarkan eksterior yang terlihat segar serta menarik. Mobil ini disebut membawa bahasa desain retro, namun dengan memadukan beberapa unsur modern.

“Sebagai penggemar Z, saya dengan senang hati mengumumkan bahwa Z berikutnya datang,” kata Uchida.

Baca juga: Jika Tak Dikawal Polisi, Mobil Berpelat Nomor Dewa Tidak Sakti

Nissan Z ProtoNissan Global Nissan Z Proto

Nissan menyebutkan warna kuning cerah pada mobil ini merupakan pilihan cat populer pada generasi pertama Z dan 300ZX.

Alfonso Albaisa, Head of Design Nissan, mengatakan, menggabungkan desain retro dengan tema yang memproyeksikan futurisme merupakan tantangan tersendiri.

Menurutnya, desainer Nissan telah membuat studi dan sketsa yang tak terhitung jumlahnya saat meneliti generasi setiap sedan Z.

Baca juga: Banyak yang Masih Salah Kaprah Bagaimana Cara Matikan Mesin Mobil

Nissan Z ProtoNissan Global Nissan Z Proto

“Pada akhirnya, kami memutuskan Z Proto harus melakukan perjalanan antar dekade, termasuk masa depan,” ucap Albaisa, dalam kesempatan yang sama.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X