Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Nissan Kenalkan Z Proto, Penantang Toyota Supra dan Honda NSX

JAKARTA, KOMPAS.com – Nissan akhirnya membuka selubung sport car terbaru yang mengusung nama Z Proto. ‘Proto’ sendiri berarti Prototipe, yang menandakan bahwa mobil ini belum diproduksi massal dan dijual secara bebas.

Pertama kali hadir dalam video singkat berjudul “Nissan Next: From A to Z” yang dirilis sekitar Mei 2020. Nissan Z Proto diplot menjadi pewaris keluarga sedan Z yang telah berusia 50 tahun.

CEO Nissan Makoto Uchida, mengatakan, Z Proto akan menjadi mobil sport murni yang mewakili semangat Nissan dalam membangun.

“Ini adalah model kunci dalam rencana transformasi Nissan NEXT kami, dan ini adalah bukti kemampuan kami untuk melakukan apa yang tidak berani dilakukan orang lain,” ujar Uchida, dalam keterangan resmi (16/9/2020).

Nissan Z Proto dibuat dan dikembangkan oleh tim desain di Jepang, dengan menawarkan eksterior yang terlihat segar serta menarik. Mobil ini disebut membawa bahasa desain retro, namun dengan memadukan beberapa unsur modern.

“Sebagai penggemar Z, saya dengan senang hati mengumumkan bahwa Z berikutnya datang,” kata Uchida.

Nissan menyebutkan warna kuning cerah pada mobil ini merupakan pilihan cat populer pada generasi pertama Z dan 300ZX.

Alfonso Albaisa, Head of Design Nissan, mengatakan, menggabungkan desain retro dengan tema yang memproyeksikan futurisme merupakan tantangan tersendiri.

Menurutnya, desainer Nissan telah membuat studi dan sketsa yang tak terhitung jumlahnya saat meneliti generasi setiap sedan Z.

“Pada akhirnya, kami memutuskan Z Proto harus melakukan perjalanan antar dekade, termasuk masa depan,” ucap Albaisa, dalam kesempatan yang sama.

Selain eksterior yang terlihat apik, desain interior mobil ini turut memadukan teknologi modern dengan sentuhan vintage.

Desainer Z Proto merancang kabin mobil ini agar menjadi sportcar yang ideal baik untuk jalan raya maupun sirkuit.

Roda kemudi baru menawarkan kontrol akses cepat pada pengemudi tanpa kehilangan estetika lawasnya. Sementara aksen jahitan kuning menciptakan kesan yang gembira pada mobil ini.

Nissan belum mengumumkan resmi mesin apa yang bakal disematkan. Namun disebutkan bahwa mobil ini akan mengusung mesin V6 twin-turbocharged yang disempurnakan dan dipadu transmisi manual 6-percepatan.

Berkaca dari generasi terakhir 370Z yang mengusung mesin berkode VQ37VHR dengan kapasitas 3.696 cc.

Bukan tak mungkin Z Proto kembali mempercayakan keandalan mesin ini, namun dengan beberapa sentuhan modern yang sejalan dengan desainnya.

Pasalnya secara performa, mesin ini juga tak mengecewakan. Dengan penggerak roda belakang, di atas kertas tenaganya mencapai 324 tk dan torsi 363 Nm.

Dengan kehadiran Z Proto, diharapkan mobil ini dapat meneruskan kejayaan para pendahulunya. Sebab di pasaran, sportcar Jepang lainnya seperti Toyota Supra dan Honda NSX sudah menanti pesaing dari Nissan.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/09/17/080200015/nissan-kenalkan-z-proto-penantang-toyota-supra-dan-honda-nsx

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke