Bisnis Otomotif Grup Astra Raih Pangsa Pasar 45 Persen

Kompas.com - 16/09/2020, 20:01 WIB
Gedung Astra International di Sunter, Jakarta Utara Dok Astra InternationalGedung Astra International di Sunter, Jakarta Utara
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Merek otomotif grup Astra yang terdiri dari Toyota, Daihatsu, Isuzu, Peugeot, dan UD Trucks, pada Agustus 2020 mengalami peningkatan penjualan dibandingkan bulan sebelumnya.

Berdasarkan angka wholesales dari Gaikindo, pada sepanjang Agustus 2020 penjualan perusahaan mencapai 16.773 unit.

Angka ini naik 39,5 persen dari bulan sebelumnya, yakni sebanyak 10.140 unit. Pangsa pasar Grup Astra juga meningkat, dari 40 persen pada Juli lalu, menjadi 45 persen di bulan Agustus.

Baca juga: Mengenal Kembali Pelat Nomor Dewa di Jalan Raya

Mobil-mobil produksi PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia, saat tiba di dermaga Car Terminal,  Tanjung Priok, Jakarta, Rabu (10/6/2015). Mobil-mobil ini akan diekspor ke sejumlah negara, antara lain di Timur Tengah.KOMPAS.com / RODERICK ADRIAN MOZES Mobil-mobil produksi PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia, saat tiba di dermaga Car Terminal, Tanjung Priok, Jakarta, Rabu (10/6/2015). Mobil-mobil ini akan diekspor ke sejumlah negara, antara lain di Timur Tengah.

Boy Kelana Soebroto, Head of Corporate Communications Astra, mengatakan, penjualan mobil Grup Astra dan secara nasional perlahan mengalami kenaikan pada tiga bulan terakhir (Juni-Agustus 2020).

“Kami berharap pemulihan ini terus dapat berlanjut, sehingga berkontribusi pada penjualan mobil nasional,” ujar Boy, dalam keterangan tertulis (15/9/2020).

Toyota jadi merek yang paling banyak menyumbangkan penjualan dengan angka 8.740 unit, atau naik 16,1 persen dibandingkan sebelumnya sebesar 7.332 unit.

Baca juga: Memanaskan Mesin Mobil yang Tak Dipakai Selama PSBB Harus Setiap Hari?

Ilustrasi produksi mobil di pabrik Daihatsu.KOMPAS.com / FEBRI ARDANI Ilustrasi produksi mobil di pabrik Daihatsu.

Sementara Daihatsu menempati urutan kedua dengan penjualan sebanyak 6.651 unit. Angka wholesales Daihatsu juga meningkat 76,6 persen, dari bulan sebelumnya sebesar 1.553 unit.

Kemudian di urutan ketiga terdapat Isuzu yang berhasil mengumpulkan 1.312 unit, atau naik sedikit dari bulan sebelumnya 1.166 unit

Merek kendaraan niaga UD Trucks pada Agustus lalu malah mengalami penurunan, dari 71 unit pada Juli lalu, menjadi 54 unit di bulan Agustus.

Baca juga: Banyak yang Masih Salah Kaprah Bagaimana Cara Matikan Mesin Mobil

Peugeot Peugeot

Begitu juga merek asal Eropa, Peugeot, yang mendapat 16 unit pada sepanjang Agustus atau turun dbandingkan Juli sebelumnya 18 unit.

Peningkatan penjualan tak hanya dirasakan oleh Grup Astra saja. Dari merek Mitsubishi misalnya angka wholesales pada Agustus meningkat menjadi 4.867 unit, dari bulan sebelumnya sebesar 4.690 unit.

Tak ketinggalan merek Honda yang sebelumnya mendapat 2.016 unit menjadi 3.047 unit. Sementara merek Suzuki mengalami penurunan dari 6.369 unit menjadi 3.501 unit.

Secara total, angka wholesales pada Agustus lalu mencapai 37.277 unit. Atau meningkat 32,1 persen dari bulan sebelumnya, yakni 25.283 unit.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X