Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Cara Baca Kode Ban Off Road atau Mud Terrain

Kompas.com - 20/07/2020, 11:42 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Salah satu cara untuk meningkatkan penampilan mobil yaitu dengan mengganti ban. Ban model mud terrain (M/T) yang biasa digunakan untuk off road kadang menjadi pilihan untuk memberikan tampilan yang garang.

Memilih ukuran ban M/T bisa dilihat dari fisik atau kode pada dinding ban. Namun, ada yang perlu diperhatikan adalah terdapat perbedaan penulisan kode dibandingkan ban biasa. Jangan sampai bingung, begini cara bacanya.

Pada beberapa ban M/T memilik spesifikasi misalnya 30 X 10.5 R 15. Angka paling depan itu artinya diameter ban keseluruhan, 30 inci. Kemudian yang tengah yaitu section width sebesar 10,5 inci. R berarti konstruksi radial dan 15 berarti diameter ring pelek dalam inci.

Baca juga: Mitos atau Fakta, Saat Mobil Parkir Wajib Matikan AC dan Audio?

Panitia Dewa Ratna Adventure Off Road membuat trek atau jalur yang akan dipakai peserta dalam event yang digelar 28-30 Oktober 2016 mendatang.Kompas.com/Ari Himawan Sarono Panitia Dewa Ratna Adventure Off Road membuat trek atau jalur yang akan dipakai peserta dalam event yang digelar 28-30 Oktober 2016 mendatang.

Perlu diketahui, section width berbeda dari lebar telapak ban. Seperti yang akan dijelaskan oleh Bambang Widjanarko, Independent Tire Analyst dan Wakil Ketua Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (Aptrindo) Jawa Tengah dan DI Yogyakarta.

“Section width itu lebar ban dari samping ke samping, bukan lebar telapak (tread width). Cara menghitungnya juga setelah pelek dipasang, jangan tanpa pelek,” kata Bambang kepada Kompas.com, Minggu (19/7/2020).

Baca juga: Hasil MotoGP GP Jerez: Quartararo Akhirnya Juara, Marquez Menggila Lalu Kecelakaan

Mengukur section width pada ban harus dengan peleknya. Hal ini dilakukan karena ban tanpa udara bisa tidak sama ukurannya dengan yang sudah dipasang pelek dan dipompa. Karena cara penyimpanan, ban bisa kuncup atau mekar.

“Kalau ban ditumpuk, jadi kucup, sedangkan jika di rak, akan mekar. Kalau dipasang ke pelek dan dipompa baru benar ukuran section widthnya,” ucap Bambang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com