Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mulai Rp 300 Jutaan, Yaris Racikan Toyota Gazoo Racing Meluncur

Kompas.com - 06/09/2020, 08:45 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Toyota Jepang akhirnya meluncurkan All New GR Yaris mulai 4 September 2020. Yaris garapan Toyota Gazoo Racing ini disebut-sebut menjadi mobil yang mudah dikendarai oleh siapapun dan di berbagai kondisi jalan.

Pasalnya GR Yaris dibangun berdasarkan hasil riset Toyota Gazoo Racing dalam merancang sebuah mobil yang kompetitif di ajang balap WRC. Sekaligus masukan dari pengemudi profesional pada tahap awal pengembangan.

Dalam keterangan resmi Toyota, juga disebutkan kalau mobil ini diluncurkan berdasarkan keinginan master driver Morizo.

Baca juga: Bayar Pajak dan Urus Surat Kendaraan Semakin Mudah dengan Aplikasi

Akio Toyoda turun langsung dalam membangun Toyota Yaris GRToyota Global Akio Toyoda turun langsung dalam membangun Toyota Yaris GR

Morizo sendiri merupakan nama yang digunakan President Toyota Motor Corporation (TMC) Akio Toyoda saat berada di balik kemudi.

Menurutnya, GR Yaris diciptakan sebagai mobil dengan konsep terbalik. Bisa dibilang mobil ini adalah mobil sport yang diubah menjadi mobil produksi massal.

GR Yaris punya sejumlah keunggulan yang tak dimiliki hatchback sekelasnya. Mulai dari rancang bangun mobil yang memperhatikan aerodinamika, bobot ringan, dan tingkat kekakuan yang tinggi.

Baca juga: Urus STNK Hilang di Samsat, Bisa Diwakilkan?

Tampak belakang Toyota Yaris GRToyota Global Tampak belakang Toyota Yaris GR

Di balik kap mesin, tersedia dua pilihan dapur pacu bagi GR Yaris, yaitu mesin 1.500 cc dan 1.600 cc turbo.

Unit M15A-FKS 1.500 cc 3-silinder yang menyalurkan tenaga ke dua roda depan lewat, melalui transmisi Direct Shift-CVT. Mesin ini menghasilan tenaga sekitar 120 ps atau setara 118 tk dan torsi 145 Nm.

Kemudian ada juga mesin G16E-GTS 1.600 cc 3-silinder turbo intercooler berpenggerak 4WD, yang mampu hasilkan tenaga sebesar 272 ps atau setara 268 tk dan torsi maksimal 370 Nm. Mesin ini dikombinasikan dengan transmisi manual 6-percepatan (iMT).

Baca juga: Setelah Monkey Z125, Honda Siapkan Generasi Baru Gorilla dan Dax 125

Toyota Yaris GRToyota Global Toyota Yaris GR

Mobil ini yang tersedia dalam varian RS, RC, RZ, dan High Performance ini dibanderol mulai 2.650.000 yen atau setara Rp 367 jutaan hingga 4.560.000 yen atau setara Rp 633 jutaan.

Untuk diketahui, GR Yaris diproduksi dari pabrik Motomachi di Jepang dengan target penjualan sekitar 1.100 unit per bulan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com