Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pria Ini Beli Scoopy Pakai Uang Koin Rp 1.000-an Satu Galon

Kompas.com - 03/09/2020, 08:12 WIB
Ari Purnomo,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

DEMAK, KOMPAS.com - Membeli sepeda motor mungkin sudah menjadi hal lumrah sekarang ini. Akan tetapi, beda ceritanya jika caranya berbeda atau tidak umum, yaitu menggunakan uang koin Rp 1.000-an.

Adalah Fajar Satria Nugroho, pria 24 tahun asal Desa Sambiroto RT 03 RW 01, Kecamatan Gajah, Kabupaten Demak.

Pria yang kesehariannya bekerja sebagai Sekretaris Desa (Sekdes) Sambiroto itu membeli sepeda motor Honda Scoopy dengan uang koin Rp 1.000-an.

Uang koin tersebut dikumpulkan oleh pria yang akrab disapa Satria itu selama lebih kurang empat tahun. Kebetulan, Satria bersama sang istri Erna Puji Astuti juga membuka warung kelontong.

Baca juga: Bisakah Membayar Pajak Kendaraan Sebelum Jatuh Tempo?

Hal itu yang membuat ia sering kali mendapatkan uang koin dari pembeli. Uang tersebut sedikit demi sedikit ia kumpulkan di dalam sebuah galon air minum yang sudah kosong.

Satria memperlihatkan uang koin seribuan di sebuah galon bekas air minumistimewa Satria memperlihatkan uang koin seribuan di sebuah galon bekas air minum

“Selama empat tahun saya kumpulkan dan sampai penuh karena saya memang berkeinginan untuk membeli sepeda motor,” ujar Satrio kepada Kompas.com, Rabu (2/9/2020).

Setelah satu galon berisi penuh koin, Satrio pun mendatangi salah satu diler di wilayah Demak. Namun, sebelum membeli, Satria memberitahu dulu kepada pihak diler terkait keinginannya tersebut.

“Selasa (1/9/2020) saya datang ke diler Cendana Harum Demak, lalu saya bilang mau beli motor Scoopy, tapi saya pakai uang koin untuk membayarnya,” kata Satria.

Mendengar hal itu, Satria melanjutkan, pihak diler pun mempersilakan Satria untuk membawa uangnya dan memilih unit yang akan dibelinya.

Baca juga: Saat Bayar Pajak STNK Asli Hilang, Bisa Pakai Foto Copy?

Satria pun bergegas untuk membawa uang koin yang sudah disiapkannya. Meski demikian, bukan hal mudah membawa uang Rp 1.000-an tersebut.

Pegawai diler Cendana Harum Demak tengah menghitung uang koin milik Satria Pegawai diler Cendana Harum Demak tengah menghitung uang koin milik Satria

Dengan jumlah yang cukup banyak, uang tersebut tidak mampu dibawa oleh satu orang. Satria pun membutuhkan bantuan dua orang untuk membawanya.

“Uangnya itu sangat berat, satu orang tidak kuat harus tiga orang untuk membawanya sampai ke diler,” katanya.

Sesampainya di diler dan Satria sudah memilih unit yang akan dibelinya, pihak diler pun menghitung seluruh uang yang ada di dalam galon tersebut.

Tidak sebentar untuk menghitung uang tabungan Satria tersebut. Butuh waktu lebih kurang tiga jam untuk menyelesaikannya.

Itu pun penghitungan tidak dilakukan oleh satu orang saja, tetapi lima orang pegawai dari diler.

Baca juga: SIM Bisa Gantikan KTP Saat Bayar Pajak Kendaraan, Ini Syaratnya

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com