KILAS
KILAS

Nissan Kenalkan Teknologi Pengereman Cerdas, Begini Cara Kerjanya

Kompas.com - 02/09/2020, 20:17 WIB
Nissan Kicks e-POWER meluncur dengan harga Rp 449 Juta NissanNissan Kicks e-POWER meluncur dengan harga Rp 449 Juta

KOMPAS.com – Chief Marketing Manager PT Nissan Motor Indonesia ( NMI) mengatakan, pabrikannya memiliki fitur Intelligent Emergency Braking (IEB) yang dapat membantu pengemudi melakukan pengereman dalam situasi darurat, utamanya untuk menghindari tabrakan.

Pasalnya, IEB dapat memonitor keadaan di depan mobil untuk memeriksa keberadaan kendaraan lain maupun pejalan kaki.

“Tujuannya untuk menghindari atau mengurangi kerusakan yang dapat disebabkan oleh tabrakan,” ungkapnya seperti beritakan gridoto, Rabu (2/9/2020).

Dia mengatakan itu saat NMI mengenalkan teknologi ini di ajang Indonesia Otomotif Online Festival (IOOF) 2020, tepatnya di segmen Car Tech Update IOOF 2020, Jum’at (28/8/2020).

Baca juga: Nissan Perkenalkan Teknologi Satu Pedal untuk Gas dan Rem

“Jika risiko tabrakan dinilai terlalu tinggi, Intelligent Emergency Braking atau IEB akan melakukan pengereman ringan atau pengereman darurat sesuai tingkat resiko tadi,” imbuhnya.

IEB bekerja dengan menggunakan kamera yang terletak di bagian atas kaca depan untuk mendeteksi keberadaan kendaraan lain dan pejalan kaki di sekitarnya.

Kamera ini juga sekaligus mengukur jarak mobil dari kendaraan dan pejalan kaki tersebut dengan kecepatannya saat itu.

Jika terdeteksi risiko terjadinya tabrakan, sistem IEB akan memperingatkan pengemudi dengan menunjukkan ikon peringatan di layar serta menggunakan suara peringatan.

“Jika pengemudi tetap tidak melakukan tindakan untuk melambat dan resiko tabrakan semakin besar, maka IEB akan melakukan pengereman darurat secara otomatis,” terang Hiroko.

Baca juga: MPV Pintu Geser Bekas, Nissan Elgrand Cuma Rp 125 Juta

Adapun, IEB merupakan salah satu dari beberapa sistem canggih Nissan yang bisa membuat suatu mobil menjadi 'Anti-Nabrak'.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X