Ketahui di Mana Emergency Exit pada Bus Double Decker

Kompas.com - 01/09/2020, 11:42 WIB
Jetbus 3+ SDD ayo naik bisJetbus 3+ SDD

JAKARTA, KOMPAS.comBus sebagai kendaraan angkutan penumpang tentunya memiliki pintu darurat atau emergency exit pada kabin. Beberapa tipe emergency exit yaitu ada pintu darurat, lewat kaca samping, dan atap.

Lalu semakin berkembangnya model bus yang ada di Indonesia, mulai banyak beredar bus double decker atau tingkat. Bus ini memiliki dua dek, ada yang di bawah maupun atas, sehingga bisa memuat banyak penumpang.

Lalu di mana peletakkan emergency exit yang ada di bus double decker atau tingkat?
Anggota Forum Bismania Indonesia, Dimas Raditya mengatakan, pada bus double decker, setidaknya ada dua jendela darurat yang berada di sisi kanan bus.

Baca juga: Daihatsu Rocky dan Toyota Raize Tampil Sporty ala Lamborghini Urus

Avante D2Twitter Avante D2

“Jadi posisi jendela darurat ini ada di dek bawah dan atas sisi kanan bus. Bentuk jendela darurat ini juga berbeda dari pintu darurat yang biasanya ada di bus dengan dek tunggal,” ucap Dimas kepada Kompas.com, Senin (31/8/2020).

Jendela darurat hanya berbentuk kotak, kemudian tidak tersambung dengan bodi, sehingga tidak seperti pintu. Kemudian cara membukanya juga dengan memecahkan jendelanya saat bus terguling.

Baca juga: Ini Syarat dan Biaya Resmi Penerbitan SIM C dan SIM A

Untuk penumpang yang ada di dek atas, tersedia juga pintu darurat yang ada di atap. Bentuknya sama dengan yang ada pada bus kebanyakan. Namun, ada juga yang bentuknya diganti dengan kaca, seperti sunroof.

“Sunroof ini digunakan pada Avante D2 dari karoseri Tentrem, ada di bagian depan dan belakang. Fungsinya yaitu sebagai pintu darurat ketika bus terguling,” kata Dimas.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X