Cuma Ini yang Dapat Dispensasi Perpanjangan SIM

Kompas.com - 31/08/2020, 07:12 WIB
Aiptu Ramdan Fahmi saat berbagi ilmu dengan warga Gorontalo yang mengantre layanan perpanjangan SIM di Taman Kota, Kota Gorontalo. KOMPAS.COM/ROSYID AZHARAiptu Ramdan Fahmi saat berbagi ilmu dengan warga Gorontalo yang mengantre layanan perpanjangan SIM di Taman Kota, Kota Gorontalo.
Penulis Ari Purnomo
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Ditlantas Polda Metro Jaya akan mengakhiri masa dispensasi untuk perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM), di masa pandemi Covid-19 ini 31 Agustus 2020.

Selanjutnya untuk pemilik SIM yang masa aktifnya habis setelah 31 Agustus 2020 dan terlambat untuk melakukan perpanjangan harus mengikuti prosedur untuk penerbitan SIM baru.

Untuk itu masyarakat yang masa aktif SIM-nya habis untuk memanfaatkan kesempatan terakhir melakukan perpanjangan.

Kasi SIM Subdit Ditlantas Polda Metro Jaya Kompol Lalu Hedwin Hanggara mengatakan, untuk masa dispensasi sebelumnya hanya sampai 2 Juni 2020, tetapi diperpanjang lagi hingga akhir bulan ini.

Baca juga: Bisakah Membayar Pajak Kendaraan Sebelum Jatuh Tempo?

Kebijakan penambahan masa dispensasi tersebut bertujuan untuk menghindari adanya penumpukan pemohon SIM di tengah pandemi Covid-19.

Perpanjangan SIM di Angkringan Drive Thrusatlantas polresta solo Perpanjangan SIM di Angkringan Drive Thru

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Berakhirnya sampai hari ini saja, untuk penentuan dispensasi (lagi atau tidak) itu dari Korlantas,” ujarnya kepada Kompas.com, Minggu (30/8/2020).

Hedwin pun berharap, dengan kesempatan terakhir masa pembebasan sanksi tersebut masyarakat bisa memanfaatkannya untuk melakukan perpanjangan.

Pasalnya, jika setelah 31 Agustus 2020 dan pemilik SIM terlambat melakukan perpanjangan maka prosedurnya sudah seperti biasa dan tidak ada dispensasi lagi.

“Setelah itu normal, kalau terlambat prosedurnya harus membuat baru,” ucapnya.

Baca juga: Ini Biaya Resmi Penerbitan STNK Baru

Untuk bisa memanfaatkan dispensasi perpanjangan SIM ini juga ada syarat khusus harus dipenuhi oleh pemohon. Pemohon yang masa berlakunya habis mulai 17 Maret hingga 29 Mei 2020 saja.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.