Nissan Kicks e-Power Tantang Toyota Corolla Cross dan C-HR

Kompas.com - 30/08/2020, 08:01 WIB
Nissan Kicks e-Power resmi diluncurkan di Thailand Nissan GlobalNissan Kicks e-Power resmi diluncurkan di Thailand
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Sesuai janjinya, setelah debut perdana di Thailand, Nissan Indonesia bakal menghadirkan Kicks e-Power di Tanah Air. Mobil bergenre sport utility vehicle (SUV) lima penumpang itu dijadwalkan mengaspal pada 2 September 2020.

Seperti diketahui, Kicks tak hanya sekadar menjadi sebuah SUV saja, melainkan juga diklaim sebagai mobil ramah lingkungan lantaran mengusung teknologi hybird.

Namun demikian, teknologi hibrida yang dijuluki e-Power ini punya cara kerja yang berbeda dengan mobil hybrid pada umumnya.

Merujuk pada data spesifikasi di Thailand, Kick e-Power hadir dengan mesin HR12DE tiga silinder yang memiliki kubikasi 1.200 cc. Mesin tersebut diklaim mampu mengalirkan tenaga sebesar 129 tk dan torsi 260 Nm melalui transmisi CVT.

Baca juga: Nissan Umbar Teknologi Canggih di IOOF 2020

Tapi yang perlu diketahui, mesin bensin tersebut tak memiliki dual purpose layaknya kebanyak mobil hybrid konvensional. Tapi fungsinya hanya menyuplai tenaga ke baterai serta ke motor listrik.

Nissan Kicks e-Power resmi diluncurkan di ThailandNissan Global Nissan Kicks e-Power resmi diluncurkan di Thailand

Singkatnya, mesin konvensional tersebut tidak terkoneksi ke drivetrain alias sistem penggerak atau tak memberikan tenaga ke roda.

Jadi bisa diistilahkan mesin 1.200 cc tersebut hanya sebagai genset atau generator yang memproduksi daya listrik untuk ke baterai. Sementara gerak roda, 100 persen dikendalikan oleh motor listik.

Nah, meski belum ada informasi mengenai gambaran berapa banderolnya saat diluncurkan nanti, tapi bila melihat dari segmentasinya yang bermain di kelas SUV kompak ramah lingkungan, artinya sudah bisa diperkirakan siapa saja rivalnya.

Baca juga: Nissan Indonesia Siap Luncurkan Kicks e-POWER

Toyota C-HR Hybrid di GIIAS 2019 Toyota C-HR Hybrid di GIIAS 2019

Pertama sudah pasti Toyota C-HR Hybrid, tapi seperti dijelaskan sebelumnya cara kerja hibridanya berbeda dengan Kicks e-Power lantaran C-HR mengusung dua motor penggerak, yakni mesin konvensional 1.800 cc serta dan motor listrik.

Dari data, C-HR diklaim memiliki tenaga maksimal hingga 136 Ps yang disalurkan ke roda melalui sistem CVT. SUV yang memiliki paras futurustik ini dibanderol mulai dari Rp 546,290 juta hingga Rp 547,790 juta.

Untuk rival kedua juga masih datang dari SUV hybrid Toyota yang baru saja meluncur, yakni New Coroll Cross. Mobil yang dipasarkan dengan harga Rp 497,8 juta ini dilengkapi dengan spesifikasi mesin yang sama dengan C-HR, yakni mesin empat silider 1.800 cc.

Baca juga: Perawatan Mobil Hybrid Tidak Rumit, Mirip dengan Mesin Konvensional

Toyota Corolla Cross melewati simulasi banjirTAM Toyota Corolla Cross melewati simulasi banjir

Selain mengungulkan efesiensi dan bahan bakar, sederet fitur modern juga sudah disematkan Toyota untuk Corolla Cross Hybrid, mulai dari ABS, EBD, 7 buah airbags, Hill Start Assist, VSC, EBS, dan lainnya.

Lantas, apa saja yang akan ditawarkan Nissan untuk Kicks e-Power bersaing dengan dua kompetitor terdekatnya itu. Apakah dari segi fitur yang lebih berlimpah, atau justru dari harga yang lebih kompetitif ?



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X