Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bahaya, Ini Alasan Tidak Boleh Menyalip di Tikungan

Kompas.com - 27/08/2020, 08:12 WIB
Dio Dananjaya,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Selain diimbau untuk tidak menyalip lewat sebelah kiri, pengemudi juga dilarang untuk tidak menyusul kendaraan saat berada di jalan menikung. Seperti misalnya di jalur pegunungan yang berliku-liku, pengendara diimbau untuk mengikuti garis marka.

Biasanya karena terpacu adrenalin, pengemudi cenderung memacu kendaraan dengan cepat, terutama di jalur menurun.

Apalagi buat pengendara sepeda motor, jalur berliku di pegunungan menjadi tujuan saat touring ataupun sunmori.

Baca juga: Bus Tronton Bermanuver dengan Ban Belakang Ikut Berputar

Tim Survei Mudik Gesit 2019 ketika berada di jalur lintas selatan yang berada di wilayah kabupaten Pacitan Jawa Timur, dengan latar belakang potensi wisata pantai, beberapa waktu lalu.Tim Survei Mudik Gesit 2019 Tim Survei Mudik Gesit 2019 ketika berada di jalur lintas selatan yang berada di wilayah kabupaten Pacitan Jawa Timur, dengan latar belakang potensi wisata pantai, beberapa waktu lalu.

Namun patut diingat, jalan umum bukanlah sirkuit balap. Sehingga pengemudi harus mengetahui batasan kecepatan yang dianjurkan.

Sony Susmana, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), mengatakan, sudah banyak kecelakaan yang terjadi di jalan menikung.

“Jelas berbahaya, karena di tikungan blindspot-nya besar dan mengontrol kendaraanya lebih sulit,” ucap Sony, kepada Kompas.com (26/8/2020).

Baca juga: Ingat, Masa Berlaku SIM Kini Bukan Berdasarkan Tanggal Lahir Lagi

Jalan berliku, menanjak, dan menurun bisa dilewati tanpa kendalaKompasOtomotif Jalan berliku, menanjak, dan menurun bisa dilewati tanpa kendala

Sementara itu, menurut Training Director The Real Driving Centre (RDC) Marcell Kurniawan, mengatakan, di jalur pegunungan biasanya banyak terpasang rambu rawan kecelakaan.

“Sebab kita dan pengemudi lain dari arah berlawanan sama-sama tidak dapat melihat saat di tikungan," kata Marcell, kepada Kompas.com pada kesempatan yang sama.

"Dan bisa bertemu tiba-tiba di tengah tikungan, sehingga bisa adu kambing,” tuturnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com