Zarco dan Morbidelli Disidang FIM Pasca-insiden Mengerikan di Austria

Kompas.com - 21/08/2020, 08:42 WIB
Kecelakaan pada MotoGP Austria 2020 yang melibatkan Johann Zarco dan Franco Morbidelli di tikungan 3 Sirkuit Red Bull Ring. TWITTER.com/MOTOGPKecelakaan pada MotoGP Austria 2020 yang melibatkan Johann Zarco dan Franco Morbidelli di tikungan 3 Sirkuit Red Bull Ring.

JAKARTA, KOMPAS.com - Federasi Sepeda Motor Internasional (FIM) dalam waktu dekat akan memanggil Franco Morbidelli dan Johann Zarco terkait insiden mengerikan yang terjadi di MotoGP Austria, akhir pekan lalu.

Hal ini dilakukan dalam upaya menanggapi permintaan banyak pihak untuk memberi hukuman kepada Zarco dan menjawab berbagai kabar burung usai laga di Red Bull Ring.

"Misi FIM adalah mendukung para pebalap dan berkontribusi pada keselamatan dan pendidikan mereka, serta menerapkan sanksi apa pun yang diwajibkan oleh peraturan FIM," kata Direktur Keselamatan FIM untuk MotoGP Franco Uncini dikutip dari GPOne, Kamis (20/8/2020).

Baca juga: Data Telemetri Membuktikan Zarco Tidak Bermaksud Jahat

Insiden kecelakaan parah antara Franco Morbidelli dan Johann Zarco di MotoGP Austria 2020MotoGP Insiden kecelakaan parah antara Franco Morbidelli dan Johann Zarco di MotoGP Austria 2020

"Anggota panel FIM MotoGP Steward yang terdiri dari Bill Cumbow, Freddie Spencer, dan Ralph Bohnhorst akan memanggil pebalap yang bersangkutan sesegera mungkin menjelang MotoGP Styria," lanjutnya.

Bukan hanya Zarco dan Morbidelli, dalam sidang bersama FIM MotoGP Stewards nanti, pebalap KTM Pol Espargaro dan Miguel Oliveira (Tech3 KTM) juga akan hadir menyusul insiden kecelakaan susulan di laga yang sama.

Kendati demikian, Uncini tak menampik bahwa pihaknya telat dalam menangani insiden kecelakaan hebat yang hampir membuat dua pebalap Yamaha, Valentino Rossi dan Maverick Vinales terluka.

Baca juga: Rossi Mendapat Pujian Setelah Nyaris Tersambar Motor

Valentino Rossi hampir tersambar motor di MotoGP Austria 2020MotoGP Valentino Rossi hampir tersambar motor di MotoGP Austria 2020

Ia berkilah, hal tersebut karena FIM tengah banyak mengurus insiden yang terjadi sejak MotoGP Ceko 2020, 9 Agustus lalu.

"Menyusul sejumlah insiden di dalam dan luar trek dalam dua seri di Ceko serta Austria, FIM MotoGP Stewards mulai bertanya kepada pebalap yang terlibat untuk lebih mengerti situasi yang terjadi, ditambah menganalisis berbagai masalah di rekaman video," katanya.



Sumber GPone
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X